Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa SD melalui Pembelajaran yang Relevan dengan Realitas Sisw

essays-star 4 (220 suara)

Pembelajaran Bahasa Inggris di SDN Pangalengan perlu didesain agar dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam Bahasa Inggris. Hal ini penting mengingat mayoritas siswa di sekolah ini terlibat dalam bisnis oleh-oleh khas Bandung, terutama pangalengan. Dalam musim liburan, banyak turis yang berkunjung ke kawasan wisata Pangalengan, sehingga siswa perlu memiliki kemampuan berbicara Bahasa Inggris yang baik untuk berkomunikasi dengan turis tersebut. Langkah-langkah pembelajaran Bahasa Inggris yang relevan dengan realitas siswa dapat diimplementasikan oleh Pak Fahrezan, guru Bahasa Inggris di SDN Pangalengan. Langkah-langkah ini mencakup kegiatan awal, inti, dan penutup, serta materi ajar yang sesuai dengan KD 2.3, yaitu bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima. Kegiatan awal pembelajaran dapat dimulai dengan mengenalkan diri dalam Bahasa Inggris. Siswa dapat belajar untuk memperkenalkan diri, mengajak, meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak menyetujui, dan melarang dalam Bahasa Inggris. Materi ajar yang relevan dengan realitas siswa dapat berfokus pada situasi-situasi yang sering terjadi dalam bisnis oleh-oleh, seperti menerima pesanan, memberikan informasi tentang produk, dan berkomunikasi dengan pelanggan. Selama kegiatan inti, siswa dapat berlatih berbicara dalam Bahasa Inggris melalui permainan peran. Mereka dapat berperan sebagai penjual oleh-oleh dan turis, berinteraksi dalam Bahasa Inggris untuk melakukan transaksi jual beli, memberikan informasi tentang produk, dan menjawab pertanyaan turis. Dalam kegiatan ini, siswa juga dapat belajar untuk menggunakan ungkapan-ungkapan yang relevan dengan situasi bisnis oleh-oleh. Pada bagian penutup, siswa dapat diminta untuk berbagi pengalaman mereka selama bermain peran. Mereka dapat berdiskusi tentang kesulitan yang mereka hadapi dan bagaimana mereka mengatasinya. Selain itu, siswa juga dapat memberikan umpan balik positif kepada teman-teman mereka tentang kemampuan berbicara Bahasa Inggris mereka. Dengan mengimplementasikan langkah-langkah pembelajaran ini, diharapkan siswa di SDN Pangalengan dapat meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris mereka. Mereka akan lebih siap untuk berkomunikasi dengan turis yang berkunjung ke Pangalengan dan dapat memberikan pelayanan yang baik dalam bisnis oleh-oleh. Pembelajaran yang relevan dengan realitas siswa akan membuat siswa lebih termotivasi dan terlibat dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris.