Pengertian Prestasi Belajar Menurut Para Ahli
Prestasi belajar adalah salah satu indikator penting dalam menilai keberhasilan siswa di sekolah. Namun, definisi prestasi belajar dapat bervariasi tergantung pada sudut pandang para ahli. Dalam artikel ini, kita akan melihat pengertian prestasi belajar menurut beberapa ahli pendidikan terkemuka. Menurut John Biggs, seorang profesor pendidikan di Australia, prestasi belajar dapat diartikan sebagai kemampuan siswa untuk memahami dan menerapkan pengetahuan yang telah mereka pelajari. Biggs menekankan pentingnya pemahaman konsep dan kemampuan siswa untuk menghubungkan pengetahuan baru dengan pengetahuan yang sudah ada. Menurut Biggs, prestasi belajar tidak hanya mencakup pencapaian akademik, tetapi juga kemampuan siswa untuk mengembangkan keterampilan metakognitif, seperti pemecahan masalah dan refleksi diri. Sementara itu, Robert Marzano, seorang ahli pendidikan Amerika, menggambarkan prestasi belajar sebagai kemampuan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Menurut Marzano, prestasi belajar melibatkan pemahaman konsep, penguasaan keterampilan, dan penggunaan pengetahuan dalam konteks yang relevan. Marzano juga menekankan pentingnya umpan balik yang efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Selain itu, Carol Dweck, seorang psikolog pendidikan terkenal, berpendapat bahwa prestasi belajar tidak hanya mencakup pencapaian akademik, tetapi juga sikap dan motivasi siswa terhadap pembelajaran. Menurut Dweck, siswa yang memiliki mindset yang berkembang cenderung memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar dan berusaha keras untuk mencapai prestasi yang lebih baik. Dweck juga menekankan pentingnya memberikan umpan balik yang mempromosikan pertumbuhan dan pengembangan siswa. Dalam kesimpulan, pengertian prestasi belajar dapat bervariasi tergantung pada sudut pandang para ahli. Namun, secara umum, prestasi belajar melibatkan pemahaman konsep, penguasaan keterampilan, penggunaan pengetahuan dalam konteks yang relevan, serta sikap dan motivasi siswa terhadap pembelajaran. Memahami pengertian prestasi belajar menurut para ahli dapat membantu kita mengembangkan pendekatan yang lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.