Dampak Pelanggaran Nilai Pancasila Sila 3 dan 4 dalam Kehidupan Sehari-hari Sisw
Pancasila sebagai dasar negara Indonesia memiliki nilai-nilai luhur yang harus dijunjung tinggi oleh seluruh warga negara. Sila 3 mengenai persatuan Indonesia dan Sila 4 mengenai kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan menjadi landasan penting dalam kehidupan bermasyarakat. Namun, sayangnya, masih banyak kasus pelanggaran terhadap nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari siswa.
Salah satu contoh pelanggaran nilai Pancasila sila 3 adalah ketika siswa melakukan perundungan terhadap teman sekelasnya. Tindakan ini jelas melanggar nilai persatuan Indonesia karena menciptakan perpecahan di antara sesama anak bangsa. Selain itu, pelanggaran terhadap nilai Pancasila sila 4 juga sering terjadi ketika siswa tidak menghargai pendapat teman-temannya dalam diskusi kelas. Hal ini menunjukkan kurangnya sikap demokratis dan kurangnya rasa hormat terhadap pendapat orang lain.
Dampak dari pelanggaran-pelanggaran tersebut sangatlah besar. Individu yang menjadi korban perundungan dapat mengalami trauma psikologis yang berkepanjangan, bahkan berdampak pada prestasi akademisnya. Selain itu, ketidakmampuan untuk menghargai pendapat orang lain juga dapat menghambat proses pembelajaran dan pertumbuhan pribadi siswa. Secara lebih luas, pelanggaran terhadap nilai-nilai Pancasila sila 3 dan 4 dalam kehidupan sehari-hari siswa juga dapat merusak tatanan sosial masyarakat, mengganggu persatuan, dan menghambat perkembangan demokrasi di lingkungan sekolah.
Dengan demikian, penting bagi kita semua, terutama siswa, untuk memahami betapa pentingnya menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila sila 3 dan 4 dalam kehidupan sehari-hari. Melalui kesadaran akan dampak negatif pelanggaran terhadap nilai-nilai tersebut, diharapkan siswa dapat menjadi agen perubahan yang mampu membangun masyarakat yang lebih harmonis dan demokratis.