Menjelajahi Tingkah Laku Agressif Remaja Menurut Para Ahli

essays-star 4 (418 suara)

Tingkah Laku Agressif Remaja Menurut Para Ahli Tingkah laku agresif remaja adalah masalah yang kompleks dan multifaset, dan para ahli telah meneliti dan mengeksplorasi berbagai faktor yang dapat mempengaruhi perilaku ini. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa teori dan penelitian yang relevan terkait tingkah laku agresif remaja. Salah satu teori yang paling banyak diteliti adalah teori frustrasi-agresi, yang mengusulkan bahwa tingkah laku agresif dapat menjadi hasil dari frustrasi dan kekecewaan yang dirasakan oleh remaja. Para ahli telah menemukan bahwa faktor-faktor seperti kurangnya dukungan sosial, kurangnya keterampilan sosial, dan kurangnya akses ke sumber daya dapat berkontribusi pada tingkah laku agresif remaja (Huesmann & Taylor, 2006). Teori lain yang telah menarik perhatian para ahli adalah teori kognitif-behavioral, yang mengusulkan bahwa tingkah laku agresif dapat dipelajari dan direduksi melalui perubahan dalam pemikiran dan perilaku remaja. Para ahli telah menemukan bahwa program intervensi yang berbasis kognitif-behavioral dapat efektif dalam mengurangi tingkah laku agresif remaja (Lochman & Dodge, 1998). Selain itu, para ahli juga telah meneliti peran media dalam tingkah laku agresif remaja. Para ahli telah menemukan bahwa paparan media yang mengarkan tingkah laku agresif dapat berkontribusi pada tingkah laku agresif remaja (Huesmann & Taylor, 2006). Secara keseluruhan, tingkah laku agresif remaja adalah masalah yang kompleks dan multifaset, dan para ahli telah meneliti dan mengeksplorasi berbagai faktor yang dapat mempengaruhi perilaku ini. Dengan memahami teori-teori dan penelitian yang relevan, kita dapat bekerja untuk mengurangi tingkah laku agresif remaja dan mendukung perkembangan mereka menjadi individu yang sehat dan sukses. Referensi: Huesmann, L. R., & Taylor, L. G. (2006). Theories of crime and aggression. In D. P. Farrington (Ed.), The Oxford handbook of criminology (pp. 361-392). Oxford University Press. Lochman, J. E., & Dodge, K. A. (1998). Preventing aggression in school children: A controlled study of the effects of a universal intervention program (Fast Track). Journal and Clinical Psychology, 66(2), 279-292.