Hakikat Kurikulum dalam Pendidikan
Kurikulum merupakan bagian integral dari sistem pendidikan yang memainkan peran penting dalam membentuk pengalaman belajar siswa. Pengertian kurikulum telah berkembang seiring waktu, dan para ahli memiliki pandangan yang berbeda mengenai konsep ini. Menurut John Dewey, kurikulum seharusnya mencerminkan pengalaman nyata dan perkembangan anak, bukan hanya sekadar pengetahuan atau bidang studi. Sementara menurut Franklin Bobbit, kurikulum harus dirumuskan berdasarkan pengalaman baik langsung maupun tidak langsung, yang sesuai dengan perkembangan kesanggupan individu dan pengalaman pendidikan yang digunakan oleh sekolah untuk mendukung perkembangan anak. Pandangan lain dari Caswell dan Campbell menyatakan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana pembelajaran yang meliputi tujuan, isi, metode, dan penilaian. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kurikulum tidak hanya mencakup rencana pelajaran di sekolah, tetapi juga pengalaman belajar di luar kelas. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya kurikulum dalam membentuk pengalaman pendidikan siswa secara menyeluruh.