Ujian Semester Genap IPS Kelas VIII: Studi Kasus Perdagangan dan Ekonomi
Pada hari Rabu, 5 Juni 2024, siswa kelas VIII di SMP menghadiri ujian semester genap IPS. Ujian ini berlangsung selama 60 menit dan dimulai pukul 09.15 WIB. Siswa dengan nomor peserta 81-006-1, Dirgy Livia, mengikuti ujian ini.
Ujian ini mencakup berbagai topik dalam IPS, termasuk perdagangan dan ekonomi. Siswa diminta untuk memilih salah satu jawaban yang mereka anggap paling benar untuk setiap pertanyaan. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang diajukan:
1. Aktivitas perdagangan yang menghasilkan devisa adalah...
a. Pemerintah mengimpor beras dari Thailand
b. Pengrajin rotan dari Yogyakarta menjual produk mereka ke Amerika
c. Masyarakat menengah ke atas cenderung membeli barang-barang luar negeri
d. Pemasaran produk handphone baru asal Korea laris manis di dalam negeri
2. Praktik monopoli perdagangan VOC dapat berkembang pesat di Indonesia karena...
a. Belanda melancarkan politik adu domba antarpejabat ataupun antarkerajaan di Indonesia
b. Bangsa Barat berhasil memenangkan hati rakyat Indonesia
c. Belanda memberikan jaminan keamanan terhadap kerajaan-kerajaan di Indonesia
d. Belanda dan kerajaan-kerajaan di Indonesia menandatangani kontrak perdagangan yang saling menguntungkan
3. Berikut adalah potensi ekonomi pertanian Indonesia, kecuali...
a. Minyak sawit
b. Rempah-rempah
c. Padi
d. Minyak bumi
4. Salah satu peran rumah tangga luar negeri dalam perekonomian adalah...
a. Melakukan ekspor impor
b. Menjalin persahabatan
c. Memberikan dana hibah
d. Memungut pajak
5. Salah satu kasus yang memicu konflik Belanda dan penguasa Bali karena berlakunya hak tawan karang yaitu....
a. Hak penguasa Bali untuk merampas kapal-kapal yang terdampar di perairan Bali
b. Hak Belanda untuk merampas kapal-kapal yang berlayar di perairan Jawa
c. Hak penguasa Bali untuk memonopoli semua kegiatan perdagangan
d. Hak Belanda untuk melakukan monopoli perdagangan
6. Dampak negatif adanya penjajahan Belanda bagi masyarakat Indonesia dari aspek pendidikan adalah...
a. Anak-#