Perbedaan Sistem Pemerintahan pada Masa Pemerintahan Presiden Indonesi
Pada masa pemerintahan Presiden Indonesia, terdapat perbedaan sistem pemerintahan antara periode Ketiga (17 Agustus 1950 - 5 Juli 1959) dan periode Keempat (5 Juli 1959 - 1966). Perbedaan ini mempengaruhi struktur kekuasaan dan cara pemerintahan yang diterapkan. Pada periode Ketiga, sistem pemerintahan yang diberlakukan adalah Demokrasi Parlementer. Dalam sistem ini, kekuasaan eksekutif terletak pada perdana menteri dan kabinetnya, sedangkan presiden memiliki peran seremonial yang terbatas. Keputusan penting diambil oleh parlemen, yang terdiri dari Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Presiden pada periode ini memiliki kekuasaan yang relatif lemah. Sementara itu, pada periode Keempat, diberlakukan sistem Demokrasi Terpimpin. Dalam sistem ini, kekuasaan eksekutif terpusat pada presiden. Presiden memiliki kekuasaan yang kuat dan dapat mengambil keputusan penting tanpa melalui parlemen. Sistem ini memberikan presiden otoritas yang lebih besar dalam mengambil langkah-langkah politik dan kebijakan pemerintah. Selain perbedaan dalam sistem pemerintahan, ada juga perbedaan dalam hukum dasar yang berlaku pada kedua periode tersebut. Pada periode Ketiga, tidak terdapat Undang-Undang Dasar yang mengatur pemerintahan. Namun, pada periode Keempat, diberlakukan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai landasan konstitusi negara. Perbedaan lainnya adalah adanya perbedaan struktur lembaga legislatif. Pada periode Ketiga, terdapat MPR dan DPR sebagai lembaga legislatif. Namun, pada periode Keempat, lembaga legislatif seperti MPR dan DPR tidak ada. Hal ini mengakibatkan perubahan dalam proses pembuatan keputusan politik dan pengawasan terhadap pemerintah. Dalam kesimpulan, perbedaan sistem pemerintahan pada periode Ketiga dan Keempat masa pemerintahan Presiden Indonesia sangat signifikan. Periode Ketiga menerapkan sistem Demokrasi Parlementer dengan kekuasaan presiden yang terbatas, sedangkan periode Keempat menerapkan sistem Demokrasi Terpimpin dengan kekuasaan presiden yang lebih kuat. Perbedaan ini juga mencakup perbedaan dalam hukum dasar yang berlaku dan struktur lembaga legislatif.