Pengertian Motivasi Belajar Siswa Menurut KBBI

essays-star 4 (272 suara)

Motivasi belajar adalah dorongan internal atau eksternal yang mendorong seseorang untuk belajar dan mencapai tujuan pendidikan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), motivasi belajar siswa adalah keadaan psikologis yang mempengaruhi minat, semangat, dan keinginan siswa untuk belajar. Motivasi belajar siswa sangat penting dalam mencapai hasil belajar yang baik dan meningkatkan kualitas pendidikan. Motivasi belajar siswa dapat berasal dari berbagai faktor. Faktor internal meliputi minat, keinginan untuk mencapai prestasi, dan kepuasan pribadi dalam belajar. Faktor eksternal meliputi dukungan dari orang tua, guru, dan lingkungan belajar yang positif. Kedua faktor ini saling berinteraksi dan mempengaruhi motivasi belajar siswa. Penelitian telah menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa memiliki dampak yang signifikan terhadap hasil belajar mereka. Siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi cenderung lebih berprestasi dan memiliki minat yang lebih besar dalam belajar. Mereka juga lebih mampu mengatasi hambatan dan tantangan dalam proses belajar. Penting bagi pendidik dan orang tua untuk memahami motivasi belajar siswa dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung. Dukungan dan pujian yang diberikan oleh guru dan orang tua dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu, memberikan tujuan yang jelas dan relevan serta memberikan umpan balik yang konstruktif juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Dalam dunia nyata, motivasi belajar siswa dapat dilihat dalam berbagai situasi. Misalnya, siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi akan aktif mengikuti pelajaran, bertanya pertanyaan, dan mencari tahu lebih lanjut tentang topik yang sedang dipelajari. Mereka juga cenderung memiliki sikap positif terhadap belajar dan berusaha untuk mencapai hasil yang baik. Dalam kesimpulan, motivasi belajar siswa adalah keadaan psikologis yang mempengaruhi minat, semangat, dan keinginan siswa untuk belajar. Motivasi belajar siswa dapat berasal dari faktor internal dan eksternal, dan memiliki dampak yang signifikan terhadap hasil belajar mereka. Penting bagi pendidik dan orang tua untuk memahami motivasi belajar siswa dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung. Dengan motivasi belajar yang tinggi, siswa dapat mencapai hasil belajar yang baik dan meningkatkan kualitas pendidikan.