Analisis Sikap Siswa terhadap Metode Pembelajaran dalam Pelajaran IPA
Pendahuluan: Sikap siswa terhadap metode pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar mereka. Dalam penelitian ini, kami menganalisis sikap siswa terhadap metode pembelajaran praktikum dan demonstrasi dalam pelajaran IPA. Bagian: ① Deskripsi Data Hasil Penelitian: Data hasil penelitian menunjukkan bahwa dari total 40 siswa, 20 siswa memiliki sikap positif (B1) dan 20 siswa memiliki sikap negatif (B2) terhadap metode pembelajaran. ② Metode Pembelajaran Praktikum (A1): Dalam metode pembelajaran praktikum, rata-rata sikap siswa positif adalah 89.6 dan rata-rata sikap siswa negatif adalah 47.5. ③ Metode Pembelajaran Demonstrasi (A2): Dalam metode pembelajaran demonstrasi, rata-rata sikap siswa positif adalah 81.5 dan rata-rata sikap siswa negatif adalah 31.5. Kesimpulan: Berdasarkan data penelitian, dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki sikap yang lebih positif terhadap metode pembelajaran praktikum daripada metode pembelajaran demonstrasi dalam pelajaran IPA. Hal ini menunjukkan pentingnya penggunaan metode pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan sikap siswa terhadap pembelajaran.