Menelisik Jenis Menyimak dalam Aktivitas Bercerita di Kelas ##

essays-star 4 (244 suara)

Dalam kegiatan pembelajaran, khususnya di kelas Bahasa Indonesia, aktivitas bercerita merupakan salah satu metode yang efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa. Saat siswa secara bergiliran membacakan ringkasan cerita di depan kelas, siswa lainnya dituntut untuk menyimak dengan seksama. Menyimak dalam konteks ini merujuk pada jenis menyimak aktif, yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut: * Fokus dan Konsentrasi: Siswa yang menyimak aktif akan fokus pada pembicara dan berusaha memahami isi cerita yang disampaikan. Mereka akan menghindari gangguan dan berusaha untuk tidak terdistraksi oleh hal-hal lain di sekitar. * Partisipasi Aktif: Menyimak aktif tidak hanya melibatkan pendengaran, tetapi juga melibatkan partisipasi aktif dari siswa. Mereka akan berusaha untuk memahami makna yang terkandung dalam cerita, mengaitkannya dengan pengetahuan yang sudah dimiliki, dan mungkin mencatat poin-poin penting. * Memberikan Tanggapan: Ciri khas menyimak aktif adalah adanya interaksi antara pembicara dan pendengar. Siswa yang menyimak aktif akan memberikan tanggapan berupa komentar, pertanyaan, atau refleksi terhadap cerita yang dibacakan. Tanggapan ini menunjukkan bahwa mereka telah memahami dan mencerna isi cerita dengan baik. * Tujuan yang Jelas: Menyimak aktif dilakukan dengan tujuan yang jelas, yaitu untuk memahami isi cerita, memperoleh informasi baru, atau mengembangkan pemahaman terhadap suatu topik. Dengan demikian, aktivitas bercerita di kelas tidak hanya melatih kemampuan berbicara siswa, tetapi juga melatih kemampuan menyimak aktif mereka. Melalui kegiatan ini, siswa belajar untuk fokus, berpartisipasi aktif, dan memberikan tanggapan yang bermakna terhadap informasi yang disampaikan. Hal ini penting untuk mengembangkan kemampuan komunikasi yang efektif, baik dalam konteks pembelajaran maupun dalam kehidupan sehari-hari. Wawasan: Menyimak aktif merupakan keterampilan penting yang perlu dilatih dan dikembangkan sejak dini. Aktivitas bercerita di kelas dapat menjadi wadah yang efektif untuk melatih keterampilan ini, sehingga siswa dapat menjadi pendengar yang baik dan komunikator yang efektif.