Meningkatkan Keterlibatan Belajar Matematika Siswa SMK melalui Metode Penelitian Kualitatif Deskriptif

essays-star 4 (182 suara)

Metode penelitian kualitatif deskriptif adalah pendekatan yang berguna untuk memahami dan menggambarkan kegiatan belajar matematika siswa SMK. Pendekatan ini melibatkan pengumpulan dan analisis data kualitatif, seperti wawancara, observasi, dan studi kasus, untuk memahami pengalaman belajar siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi keterlibatan mereka dalam subjek tersebut.

Dalam penelitian ini, kami menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk memahami kegiatan belajar matematika siswa SMK. Kami mengumpulkan data melalui wawancara dengan siswa, guru, dan orang tua, serta mengamati kelas matematika dan kegiatan ekstrakurikuler terkait. Kami juga melakukan studi kasus pada beberapa siswa untuk mendalam memahami pengalaman belajar mereka.

Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa siswa SMK menghadapi beberapa tantangan dalam keterlibatan belajar matematika, termasuk kurangnya motivasi, kurangnya pemahaman konsep matematika, dan kurangnya dukungan dari guru dan orang tua. Kami menemukan bahwa metode penelitian kualitatif deskif adalah alat yang berguna untuk memahami dan mengatasi tantangan-tantangan ini.

Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, kami dapat mengidentifikasi faktor-faktor spesifik yang mempengaruhi keterlibatan belajar siswa dan mengembangkan intervensi yang ditargetkan untuk mengatasi tantangan-tantangan ini. Kami juga dapat menggunakan hasil penelitian kami untuk mengembangkan program pendidikan matematika yang lebih baik untuk siswa SMK.

Secara keseluruhan, metode penelitian kualitatif deskriptif adalah alat yang berguna untuk memahami dan meningkatkan keterlibatan belajar matematika siswa SMK. Dengan menggunakan pendekatan ini, kami dapat mengidentifikasi tantangan-tantangan spesifik yang dihadapi siswa dan mengembangkan intervensi yang ditargetkan untuk mengatasi tantangan-tantangan ini. Kami juga dapat menggunakan hasil penelitian kami untuk mengembangkan program pendidikan matematika yang lebih baik untuk siswa SMK.