Pengaruh Karakteristik Keluarga, Karakteristik Anak, dan Kecerdasan Spiritual terhadap Karakter Anak Usia Sekolah Dasar: Analisis Regresi
Dalam penelitian ini, kami akan menganalisis pengaruh karakteristik keluarga, karakteristik anak, dan kecerdasan spiritual terhadap karakter anak usia sekolah dasar. Kami akan menggunakan metode regresi untuk mengidentifikasi koefisien pengaruh dari setiap variabel yang diteliti. Pertama, kami akan melihat karakteristik keluarga yang meliputi usia ayah, usia ibu, lama pendidikan ayah, lama pendidikan ibu, dan pendapatan per kapita keluarga. Hasil analisis menunjukkan bahwa usia ayah tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap karakter anak. Namun, usia ibu memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap karakter anak. Lama pendidikan ayah dan ibu juga tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap karakter anak. Sementara itu, pendapatan per kapita keluarga memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap karakter anak. Selanjutnya, kami akan melihat karakteristik anak yang meliputi uang saku, usia anak, dan kecerdasan spiritual. Hasil analisis menunjukkan bahwa uang saku tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap karakter anak. Namun, usia anak memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap karakter anak. Selain itu, kecerdasan spiritual juga memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap karakter anak. Dalam keseluruhan analisis regresi, kami menemukan bahwa karakteristik keluarga, karakteristik anak, dan kecerdasan spiritual secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap karakter anak usia sekolah dasar. Namun, R Square yang diperoleh adalah 0.13, yang menunjukkan bahwa variabel-variabel yang diteliti hanya menjelaskan 13% variasi dalam karakter anak. Oleh karena itu, terdapat faktor-faktor lain yang juga perlu dipertimbangkan dalam memahami karakter anak. Dalam penelitian ini, kami menggunakan metode analisis regresi untuk mengidentifikasi pengaruh karakteristik keluarga, karakteristik anak, dan kecerdasan spiritual terhadap karakter anak usia sekolah dasar. Hasil analisis menunjukkan bahwa usia ibu, pendapatan per kapita keluarga, usia anak, dan kecerdasan spiritual memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap karakter anak. Namun, variabel-variabel yang diteliti hanya menjelaskan 13% variasi dalam karakter anak. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami faktor-faktor lain yang juga berkontribusi terhadap karakter anak usia sekolah dasar.