Analisis Efektivitas Pembelajaran Fisika dengan Model X dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Sisw
Pada penelitian ini, dilakukan uji coba untuk menguji apakah pembelajaran Fisika dengan Model X efektif dalam meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis (KBK) siswa. Uji coba dilakukan pada 3 kelas yang berbeda, yaitu kelas A, B, dan C. Hasil dari uji coba ini diperlihatkan pada Tabel 1. Definisi operasional dalam penelitian ini menyatakan bahwa pembelajaran Fisika dengan Model X dikatakan efektif dalam meningkatkan KBK siswa jika memenuhi tiga kriteria. Pertama, terdapat peningkatan skor KBK siswa yang secara statistik signifikan pada tingkat signifikansi \( \alpha = 5\% \). Kedua, rerata \( N \)-gain minimal berkategori sedang. Ketiga, rerata \( N \)-gain tidak berbeda signifikan antara ketiga kelas A, B, dan C. Rumus \( N \)-gain digunakan untuk menghitung kenaikan nilai siswa. Rumus ini dinyatakan sebagai berikut: \[ N-\text{gain} = \frac{\%(G)}{\%(G)_{\max}} = \frac{\left\{\%\left(S_{f}\right)\right\}-\left\{\%\left(S_{i}\right)\right\}}{\left(100\%-\%\left(S_{i}\right)\right)} \] Keterangan: \( N-\text{gain} \) = Kenaikan nilai siswa \( (S_{i}) \) = Skor Pre-test \( (S_{f}) \) = Skor Post-test Kategori \( N \)-gain dapat digunakan untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran. Berikut adalah kategori \( N \)-gain: \begin{tabular}{|l|l|} \hline \( \langle g \rangle \) & Kategori \\ \hline \( (\langle g \rangle) > 0.7 \) & Tinggi \\ \hline \( 0.7 \geq (\langle g \rangle) \geq 0.3 \) & Sedang \\ \hline \( (\langle g \rangle) < 0.3 \) & Rendah \\ \hline \end{tabular} Berdasarkan analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Fisika dengan Model X efektif dalam meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis (KBK) siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan skor KBK siswa yang secara statistik signifikan pada tingkat signifikansi \( \alpha = 5\% \). Selain itu, rerata \( N \)-gain pada ketiga kelas A, B, dan C juga berkategori sedang. Dengan demikian, pembelajaran Fisika dengan Model X dapat dijadikan sebagai metode yang efektif dalam meningkatkan KBK siswa.