Pentingnya Aplikasi KIPIN School dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Daerah Sulit Sinyal Internet

essays-star 4 (207 suara)

Pada masa pandemi, sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) menjadi solusi tepat dalam melaksanakan pembelajaran. Namun, tidak semua daerah memiliki akses internet yang memadai. Hal ini menjadi hambatan dalam menerapkan PJJ di daerah-daerah terpencil. Namun, tidak ada hambatan yang dapat menghentikan semangat Aprilinus Halawa, seorang guru di Kabupaten Nias Barat, Sumatra Utara. Ia mencari platform pembelajaran yang dapat digunakan di daerah sulit sinyal internet, dan akhirnya menemukan aplikasi KIPIN School. KIPIN School adalah aplikasi yang memuat ribuan konten pembelajaran, seperti buku sekolah, video pendidikan, latihan soal, dan komik literasi. Keunggulan utama dari aplikasi ini adalah adanya fasilitas "Download and Go", yang memungkinkan semua konten dapat diakses secara offline setelah diunduh. Hal ini sangat penting bagi daerah-daerah yang tidak memiliki akses internet yang stabil. Selain sebagai sumber materi ajar, Aprilinus juga memanfaatkan KIPIN School untuk melaksanakan ujian atau asesmen digital jarak jauh. Peserta didik dapat mengerjakan asesmen melalui aplikasi KIPIN School di rumah masing-masing atau saat tatap muka di sekolah. Setelah peserta didik selesai mengerjakan ujian, Aprilinus dapat menerima hasil ujian dan nilainya secara otomatis dari sistem aplikasi. Dengan adanya aplikasi ini, kegiatan pembelajaran menjadi lebih efisien. Kemudahan penggunaan aplikasi KIPIN School sangat dibutuhkan khususnya bagi sekolah di daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T). Aplikasi ini menjadi solusi untuk mewujudkan program sekolah digital dengan memanfaatkan tablet dari pemerintah untuk proses belajar mengajar. Aprilinus adalah contoh nyata bahwa tidak ada hambatan yang dapat menghentikan kemajuan pendidikan di daerah Wango, Nias Barat. Dengan aplikasi belajar yang tepat, ia mampu melaksanakan pembelajaran jarak jauh dan tatap muka dengan efisien. Menurut Aprilinus, aplikasi KIPIN School sangat efisien dan efektif untuk kegiatan pembelajaran digital. Pengoperasiannya tidak rumit, sumber materi lengkap, dan dapat menjadi sarana asesmen digital yang mendukung asesmen kompetensi minimum (AKM). Berkat kesuksesannya sebagai guru digital pertama di Kabupaten Nias Barat, Aprilinus menerima apresiasi dari sekolah. Ia menjadi inspirator bagi guru lain untuk berkarya dan berkembang sesuai dengan tuntutan teknologi. Jika para guru mau belajar memanfaatkan teknologi, seperti KIPIN School, Indonesia mampu mewujudkan sekolah digital. Dalam konteks ini, pertanyaan yang tidak sesuai dengan teks di atas adalah apakah Aprilinus membuat aplikasi KIPIN School untuk sekolah-sekolah yang sulit terjangkau jaringan internet.