Mengapa Teknik Eksternal Control Tidak Cocok untuk Anak Usia Dini

essays-star 4 (248 suara)

Teknik eksternal control adalah suatu metode dalam mendisiplinkan peserta didik dengan mengendalikannya dari luar. Metode ini melibatkan penggunaan ancaman dan ketakutan untuk memastikan peserta didik tetap patuh. Namun, dalam konteks anak usia dini, teknik ini tidaklah cocok dan bahkan dapat berdampak negatif pada perkembangan mereka. Anak usia dini adalah masa penting dalam pembentukan kepribadian dan perkembangan sosial mereka. Pada usia ini, anak-anak sedang belajar mengenali emosi mereka sendiri, mengembangkan keterampilan sosial, dan membangun hubungan dengan orang lain. Penggunaan teknik eksternal control yang melibatkan ancaman dan ketakutan dapat mengganggu proses ini dan menghambat perkembangan mereka. Anak usia dini cenderung merespons lebih baik terhadap pendekatan yang lebih positif dan mendukung. Mereka membutuhkan lingkungan yang aman dan penuh kasih sayang untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Ketika mereka diberikan ancaman dan ketakutan, mereka mungkin merasa terintimidasi dan cemas, yang dapat menghambat kepercayaan diri dan kemandirian mereka. Selain itu, penggunaan teknik eksternal control pada anak usia dini juga dapat mempengaruhi hubungan mereka dengan guru atau pengasuh. Anak-anak pada usia ini sangat membutuhkan figur otoritas yang dapat mereka percaya dan ajak berinteraksi dengan nyaman. Jika mereka terus-menerus diancam dan ditakuti, hubungan ini dapat terganggu dan menghambat proses pembelajaran dan perkembangan sosial mereka. Sebagai gantinya, pendekatan yang lebih efektif untuk mendisiplinkan anak usia dini adalah dengan menggunakan teknik internal control. Teknik ini melibatkan pengembangan keterampilan pengaturan diri dan pemahaman tentang konsekuensi dari tindakan mereka. Dengan memberikan pemahaman yang jelas tentang apa yang diharapkan dari mereka dan memberikan penguatan positif ketika mereka berperilaku baik, anak-anak akan belajar untuk mengendalikan diri mereka sendiri dan bertanggung jawab atas tindakan mereka. Dalam kesimpulan, teknik eksternal control tidaklah cocok untuk anak usia dini. Anak-anak pada usia ini membutuhkan pendekatan yang lebih positif dan mendukung untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Dengan menggunakan teknik internal control yang melibatkan pengembangan keterampilan pengaturan diri dan pemahaman tentang konsekuensi, anak-anak dapat belajar untuk mengendalikan diri mereka sendiri dan bertanggung jawab atas tindakan mereka.