Memahami Understanding by Design: 3 Tahap Utam
Understanding by Design adalah pendekatan yang kuat untuk mengajar yang menekankan pentingnya memahami tujuan pembelajaran sebelum merencanakan pelajaran. Pendekatan ini dikembangkan oleh Wiggins dan McTighe dan bertujuan untuk memastikan bahwa siswa mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Berikut adalah tiga tahap utama dari Understanding by Design: 1. Menetapkan Tujuan: Tahap pertama dari Understanding by Design adalah menetapkan tujuan yang jelas dan spesifik untuk siswa. Ini melibatkan mengidentifikasi apa yang ingin Anda siswa capai pada akhir pelajaran dan mengkomunikasikan tujuan tersebut kepada mereka. Tujuan harus spesifik, dapat diukur, relevan, dan terikat waktu. 2. Menganalisis Kemampuan Siswa: Tahap kedua dari Understanding by Design adalah menganalisis kemampuan siswa untuk menentukan apakah mereka sudah memiliki apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Ini melibatkan mengevaluasi kemampuan siswa dan mengidentifikasi area di mana mereka mungkin membutuhkan dukungan tambahan. 3. Menciptakan Rencana Pelajaran: Tahap terakhir dari Understanding by Design adalah menciptakan rencana pelajaran yang dirancang untuk membantu siswa mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Rencana pelajaran harus didasarkan pada analisis kemampuan siswa dan harus mencakup berbagai strategi dan sumber daya untuk mendukung pembelajaran siswa. Secara keseluruhan, Understanding by Design adalah pendekatan yang kuat untuk mengajar yang dapat membantu siswa mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dengan menetapkan tujuan yang jelas, menganalisis kemampuan siswa, dan menciptakan rencana pelajaran yang dirancang untuk mendukung pembelajaran siswa, Anda dapat memastikan bahwa siswa Anda memiliki kesempatan untuk sukses.