Penerapan Konsep 'Olah' dalam Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantar

essays-star 4 (171 suara)

Dalam pemikiran Ki Hajar Dewantara, terdapat konsep penting mengenai 'olah rasa dan karsa' serta 'olah hati' yang menjadi landasan dalam kehidupan. 'Olah rasa dan karsa' merujuk pada upaya untuk mengasah dan mengembangkan kemampuan berpikir dan merencanakan sesuatu dengan baik. Hal ini menunjukkan pentingnya memiliki kesadaran diri yang tinggi dan kemampuan untuk merumuskan tujuan hidup secara jelas.

Sementara itu, 'olah hati' merupakan salah satu dari empat 'olah' yang diperlukan dalam kehidupan menurut Ki Hajar Dewantara. 'Olah hati' mengacu pada kemampuan untuk menjaga kebersihan batin dan memperkuat nilai-nilai spiritual dalam diri. Dengan 'olah hati', seseorang dapat mencapai kedamaian dalam jiwa dan mampu berinteraksi dengan lingkungan sekitar secara positif.

Dalam konteks pendidikan, konsep 'olah rasa dan karsa' dan 'olah hati' sangat relevan untuk diterapkan dalam menanamkan nilai-nilai karakter kepada anak-anak. Melalui pembelajaran yang holistik, anak-anak dapat diajarkan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, merencanakan masa depan, serta menjaga kebersihan batin dan nilai-nilai spiritual dalam diri.

Dengan demikian, penerapan konsep 'olah' dalam pendidikan tidak hanya bertujuan untuk mengembangkan aspek intelektual anak, tetapi juga membentuk karakter yang kuat dan berintegritas. Melalui penghayatan nilai-nilai 'olah rasa dan karsa' serta 'olah hati', diharapkan generasi muda dapat tumbuh menjadi individu yang mandiri, bertanggung jawab, dan memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitar.