Pendekatan Komunikatif dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesi
Pendahuluan: Pendekatan komunikatif dalam pengajaran bahasa dan sastra Indonesia memiliki beberapa saran yang perlu diperhatikan, seperti yang diungkapkan oleh Yalden (1982:235). Tujuan utama dari pendekatan ini adalah mengembangkan kompetensi komunikatif siswa, dengan fokus pada isi yang dikomunikasikan dan bukan bentuk-bentuk bahasa. Selain itu, pengajaran juga harus berorientasi pada siswa, dengan guru sebagai fasilitator. Bagian: ① Kompetensi komunikatif sebagai tujuan utama pengajaran bahasa dan sastra Indonesia. ② Isi yang dikomunikasikan sebagai fokus utama dalam pengajaran. ③ Peran siswa dan guru dalam pendekatan komunikatif. Kesimpulan: Pendekatan komunikatif dalam pengajaran bahasa dan sastra Indonesia memberikan pendekatan yang lebih humanistik, dengan siswa sebagai pusat kegiatan pengajaran dan guru sebagai fasilitator. Dalam pendekatan ini, tujuan utama adalah mengembangkan kompetensi komunikatif siswa dan fokus pada isi yang dikomunikasikan.