Membangun Interaksi Kelas yang Efektif untuk Meningkatkan Pembelajaran Sosial dalam Matematika **

essays-star 4 (184 suara)

Pendahuluan: Artikel ini akan membahas pentingnya interaksi kelas yang efektif dalam mendukung pembelajaran sosial dalam matematika, berdasarkan penelitian Kumpulainen & Wray (2015) dan Pöyhönen (2017). Bagian 1: Interaksi Kelas dan Pembelajaran Sosial: Kumpulainen & Wray (2015) menekankan bahwa interaksi kelas yang bermakna dapat memfasilitasi pembelajaran sosial, di mana siswa belajar dari satu sama lain dan membangun pemahaman bersama. Bagian 2: Peran Pengetahuan Konten Pedagogis (PCK) dalam Interaksi Kelas: Pöyhönen (2017) menunjukkan bahwa PCK guru matematika sangat penting dalam menciptakan interaksi kelas yang efektif. Guru dengan PCK yang kuat dapat memilih strategi pengajaran yang tepat untuk memfasilitasi pembelajaran sosial. Bagian 3: Strategi untuk Meningkatkan Interaksi Kelas: Artikel ini akan membahas beberapa strategi praktis yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan interaksi kelas dan mendukung pembelajaran sosial dalam matematika, seperti diskusi kelompok, pembelajaran kolaboratif, dan penggunaan teknologi. Kesimpulan:** Interaksi kelas yang efektif adalah kunci untuk membangun lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran sosial dalam matematika. Guru dapat memanfaatkan PCK mereka dan strategi yang tepat untuk menciptakan ruang kelas yang mendorong siswa untuk belajar dari satu sama lain dan membangun pemahaman bersama.