Meningkatkan Kompetensi dan Karakter Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Berkebun Sayur

essays-star 4 (301 suara)

Proyek ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar Pancasila melalui kegiatan berkebun sayur dengan tema kearifan lokal. Selain itu, proyek ini juga bertujuan untuk mengajak siswa mengenali potensi lokal dan melestarikan lingkungan. Dalam kegiatan ini, peserta didik akan dibimbing oleh wali kelas dalam menanam sayuran, dengan jenis sayuran yang dipilih adalah bayam. Bayam adalah sejenis sayuran daun yang kaya akan vitamin A, B, dan C, serta mengandung zat-zat galian seperti kalsium dan besi. Tanaman bayam merupakan salah satu jenis tanaman hijau yang paling banyak ditemui di Indonesia. Selain itu, bayam juga merupakan jenis sayuran yang mudah diolah menjadi makanan sehari-hari, mulai dari sup, pecel, gado-gado, hingga keripik. Melalui proyek ini, diharapkan bahwa pelajar dapat mencapai dua dimensi profil pelajar Pancasila, yaitu dimensi 1 beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia, serta dimensi 2 bergotong royong. Dengan berkebun sayur, pelajar akan belajar untuk bersyukur atas nikmat Tuhan yang telah memberikan tanah subur untuk menanam sayuran. Selain itu, mereka juga akan belajar untuk bekerja sama dan saling membantu dalam merawat kebun sayur tersebut. Proyek ini tidak hanya memberikan manfaat dalam pengembangan kompetensi dan karakter pelajar, tetapi juga memberikan manfaat dalam hal kesehatan. Dengan mengonsumsi sayuran yang mereka tanam sendiri, pelajar akan mendapatkan asupan gizi yang sehat dan bergizi. Hal ini akan membantu meningkatkan kesehatan mereka dan mengurangi risiko penyakit. Dalam konteks kearifan lokal, proyek ini juga mengajarkan pelajar untuk menghargai dan melestarikan lingkungan. Dengan menanam sayuran, mereka akan belajar tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan mengurangi penggunaan bahan kimia berbahaya dalam pertanian. Selain itu, mereka juga akan belajar tentang siklus alam dan bagaimana tanaman dapat berkontribusi dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Dengan demikian, proyek berkebun sayur ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar Pancasila. Melalui kegiatan ini, pelajar akan belajar tentang kearifan lokal, bergotong royong, dan menghargai lingkungan. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan manfaat kesehatan dari mengonsumsi sayuran yang mereka tanam sendiri. Semoga proyek ini dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain dalam mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar.