Struktur dan Fungsi Dermaga Kargo
Dermaga kargo terdiri dari kepala dermaga di mana kapal-kapal berlabuh untuk menerima atau membuang muatan mereka dan struktur pendekatan yang menghubungkan kepala dermaga ke daratan dan membawa kendaraan jalan atau rel yang digunakan untuk mengangkut muatan. Di mana mineral ditangani secara massal, struktur pendekatan dapat membawa belt conveyor atau aerial ropeway. Selain fungsi utamanya sebagai tempat berlabuh yang aman untuk kapal, kepala dermaga juga dilengkapi dengan derek atau peralatan khusus untuk memuat dan membongkar muatan kering secara massal. Struktur dermaga atau dermaga yang digunakan secara eksklusif untuk menangani minyak bumi mentah dan produk-produknya memiliki tata letak dan peralatan yang berbeda dari dermaga kargo. Kapal tangki yang menggunakan dermaga tersebut bisa jauh lebih besar daripada kapal kargo. Di sisi lain, peralatan penanganan selang dan pipa yang terkait cenderung lebih ringan daripada peralatan derek atau muatan kering yang dipasang di dermaga kargo yang melayani kapal besar. Pendekatan dari daratan ke dermaga pengisian minyak bumi hanya terdiri dari jembatan untuk pipa dan jalan akses. Jika perairan dalam yang diperlukan oleh kapal tangki besar dimulai dari jarak yang cukup jauh dari garis pantai, praktik umum adalah menyediakan struktur dermaga pulau yang terhubung ke daratan melalui pipa yang diletakkan di dasar laut. Meskipun terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua jenis struktur tersebut, pancangan merupakan bentuk konstruksi yang ekonomis baik untuk dermaga kargo maupun untuk struktur dermaga dan jembatan pipa untuk kapal tangki minyak. Kepala dermaga dermaga kargo kemungkinan akan terdiri dari pelat dek yang berat yang dirancang untuk membawa derek tetap atau bergerak dan beban yang diberikan oleh kendaraan dan muatan yang disimpan. Gaya berlabuh dan sandar dari kapal yang menggunakan dermaga dapat diserap oleh fender yang terletak di depan dan tidak terhubung dengan struktur dek (Gambar 8.1a), tetapi lebih umum bagi fender untuk mentransfer gaya tumbukan berlabuh ke dek dan pada gilirannya ke barisan pancang penyangga. Gaya tumbukan tersebut dapat besar dan karena tahanan pancang vertikal terhadap beban lateral kecil, dek didukung oleh kombinasi pancang vertikal dan miring (Gambar 8.1b). Kombinasi ini juga dapat (a) Gambar 8.1 Pancang fender untuk dermaga kargo (a) Delfin penyangga independen (b) Terpasang pada dinding penahan utama