Pengertian Penelitian Tindakan Kelas Menurut Para Ahli
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah metode penelitian yang semakin populer di kalangan pendidik. PTK adalah pendekatan penelitian yang berfokus pada perubahan praktik pengajaran dan pembelajaran di kelas. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian PTK menurut para ahli. Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, PTK adalah suatu proses yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pengumpulan data, refleksi, dan tindakan yang dilakukan di kelas (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2020). Sementara itu, menurut Cooper (), PTK adalah suatu proses yang melibatkan guru dalam mengidentifikasi masalah pembelajaran, mengumpulkan data, menganalisis data, dan mengembangkan tindakan yang dapat meningkatkan pembelajaran. Menurut Mills dan Trepanowski (2013), PTK adalah suatu proses yang melibatkan guru dalam mengidentifikasi masalah pembelajaran, mengumpulkan data, menganalisis data, dan mengembangkan tindakan yang dapat meningkatkan pembelajaran. Menurut Timmers dan Klinkenberg (2010), PTK adalah suatu proses yang melibatkan guru dalam mengidentifikasi masalah pembelajaran, mengumpulkan data, menganalisis data, dan mengembangkan tindakan yang dapat meningkatkan pembelajaran. Menurut Wane (2013), PTK adalah suatu proses yang melibatkan guru dalam mengidentifikasi masalah pembelajaran, mengumpulkan data, menganalisis data, dan mengembangkan tindakan yang dapat meningkatkan pembelajaran. Menurut Yin (2018), PTK adalah suatu proses yang melibatkan guru dalam mengidentifikasi masalah pembelajaran, mengumpulkan data, menganalisis data, dan mengembangkan tindakan yang dapat meningkatkan pembelajaran. Dari berbagai definisi yang telah disebutkan, dapat disimpulkan bahwa PTK adalah suatu proses yang melibatkan guru dalam mengidentifikasi masalah pembelajaran, mengumpulkan data, menganalisis data, dan mengembangkan tindakan yang dapat meningkatkan pembelajaran. PTK juga melibatkan refleksi dan evaluasi terhadap tindakan yang telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dalam melakukan PTK, guru perlu mempertimbangkan beberapa hal, seperti memilih masalah yang relevan dengan kebutuhan siswa, mengumpulkan data yang valid dan reliabel, menganalisis data dengan cara yang sistematis, dan mengembangkan tindakan yang dapat diimplementasikan di kelas. Dengan melakukan PTK, guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dan efisien. PTK juga dapat membantu guru dalam mengembangkan profesionalisme dan meningkatkan kompetensi mereka sebagai pendidik. Sebagai kesimpulan, Penelitian Tindakan Kelas adalah suatu proses yang melibatkan guru dalam mengidentifikasi masalah pembelajaran, mengumpulkan data, menganalisis data, dan mengembangkan tindakan yang dapat meningkatkan pembelajaran. PTK juga melibatkan refleksi dan evaluasi terhadap tindakan yang telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan melakukan PTK, guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dan efisien.