Menggali Kearifan Lokal Melalui Kerajinan Keranjang Buah Bambu dalam P5 **
Kegiatan P5 (Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila) merupakan wadah bagi siswa untuk mengembangkan kompetensi dan karakter melalui proyek nyata. Salah satu tema yang menarik untuk diangkat dalam P5 adalah kearifan lokal, yang dapat diwujudkan melalui berbagai kegiatan, termasuk kerajinan. Membuat kerajinan keranjang buah dari bambu dalam P5 memiliki beberapa sasaran penting: 1. Melestarikan Kearifan Lokal: Bambu merupakan bahan alami yang telah lama dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia dalam berbagai bentuk kerajinan. Dengan membuat keranjang buah dari bambu, siswa dapat belajar tentang pemanfaatan bahan lokal dan teknik tradisional yang telah diwariskan turun temurun. Hal ini membantu melestarikan kearifan lokal dan mencegah kepunahan budaya. 2. Meningkatkan Kreativitas dan Keterampilan: Proses pembuatan keranjang buah dari bambu melibatkan berbagai tahapan, mulai dari pemilihan bahan, pengolahan bambu, hingga proses penyelesaian akhir. Melalui kegiatan ini, siswa dapat mengembangkan kreativitas dan keterampilan tangan mereka, serta belajar tentang desain dan estetika. 3. Menumbuhkan Rasa Cinta terhadap Lingkungan: Bambu merupakan tanaman yang mudah tumbuh dan dapat diperbarui. Dengan menggunakan bambu sebagai bahan kerajinan, siswa diajak untuk menghargai dan mencintai lingkungan. Mereka juga dapat belajar tentang pentingnya menjaga kelestarian alam dan memanfaatkan sumber daya alam secara berkelanjutan. 4. Meningkatkan Kemampuan Berkolaborasi: Pembuatan keranjang buah dari bambu dapat dilakukan secara kolaboratif. Siswa dapat bekerja sama dalam tim untuk menyelesaikan tugas, saling berbagi ide, dan belajar dari satu sama lain. Hal ini membantu meningkatkan kemampuan komunikasi, kerja sama, dan kepemimpinan. 5. Menumbuhkan Rasa Bangga terhadap Budaya Lokal: Dengan membuat kerajinan keranjang buah dari bambu, siswa dapat merasakan kebanggaan terhadap budaya lokal mereka. Mereka dapat belajar tentang sejarah dan nilai-nilai yang terkandung dalam kerajinan tersebut, serta bagaimana kerajinan tersebut telah menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat. Kesimpulan:** Membuat kerajinan keranjang buah dari bambu dalam P5 merupakan kegiatan yang sarat makna dan manfaat. Selain melestarikan kearifan lokal, kegiatan ini juga dapat meningkatkan kreativitas, keterampilan, dan rasa cinta terhadap lingkungan. Lebih dari itu, kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa bangga terhadap budaya lokal dan memperkuat karakter siswa sebagai generasi penerus bangsa.