Analisis Mean dari Data Nilai Matematika Siswa Kelas XII TK
Dalam artikel ini, kita akan menganalisis mean dari data nilai matematika siswa kelas XII TK. Data ini ditunjukkan dalam tabel berikut: Nilai Frekuensi 40-49 4 50-59 6 60-69 10 70-79 4 80-89 - 90-99 2 Mean adalah salah satu ukuran sentral yang digunakan untuk menggambarkan nilai rata-rata dari suatu data. Untuk menghitung mean, kita perlu menjumlahkan semua nilai dan membaginya dengan jumlah total data. Dalam kasus ini, kita memiliki 4 siswa dengan nilai antara 40-49, 6 siswa dengan nilai antara 50-59, 10 siswa dengan nilai antara 60-69, 4 siswa dengan nilai antara 70-79, dan 2 siswa dengan nilai antara 90-99. Untuk menghitung mean, kita perlu mengalikan setiap nilai dengan frekuensinya, kemudian menjumlahkannya dan membaginya dengan jumlah total siswa. Berikut adalah langkah-langkahnya: (4 x 45) + (6 x 55) + (10 x 65) + (4 x 75) + (2 x 95) / (4 + 6 + 10 + 4 + 2) = (180 + 330 + 650 + 300 + 190) / 26 = 1650 / 26 = 63.46 Jadi, mean dari data nilai matematika siswa kelas XII TK adalah 63.46. Dengan mengetahui mean ini, kita dapat memahami nilai rata-rata yang dicapai oleh siswa dalam mata pelajaran matematika. Hal ini dapat membantu guru dan siswa dalam mengevaluasi kemajuan belajar dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. Dalam kesimpulan, analisis mean dari data nilai matematika siswa kelas XII TK menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa adalah 63.46. Semoga informasi ini bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan.