Metode Penelitian dalam Menganalisis Bahasa dalam Kelas

essays-star 4 (209 suara)

Pendahuluan: Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis penggunaan bahasa dalam konteks pembelajaran di dua kelas yang terdiri dari 43 siswa dan empat guru di sebuah sekolah persiapan universitas negeri. Penelitian ini menggunakan metode observasi kelas, kuesioner, dan wawancara untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang penggunaan bahasa oleh siswa dan guru dalam kelas. Bagian 1: Partisipan Dalam penelitian ini, dua kelas yang terdiri dari 43 siswa dan empat guru dipilih sebagai partisipan. Para guru adalah guru pemula perempuan berusia antara 26 dan 28 tahun dengan pengalaman mengajar antara 4 hingga 6 tahun. Sementara itu, siswa-siswa terdiri dari 18 perempuan dan 25 laki-laki berusia antara 17 dan 22 tahun yang telah belajar bahasa Inggris selama rata-rata 7,8 tahun. Bagian 2: Instrumen Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi dari observasi kelas, kuesioner, dan wawancara. Observasi dilakukan empat kali pada setiap kelas dan direkam audio. Selain itu, peneliti juga mengembangkan skema observasi yang disebut CS Observation Scheme (COS) untuk menganalisis fungsi wacana CS oleh siswa dan guru. Kuesioner yang diadopsi dari penelitian sebelumnya tentang CS juga diberikan kepada guru dan siswa setelah observasi selesai. Kesimpulan: Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu observasi kelas, kuesioner, dan wawancara, memberikan pemahaman yang lebih baik tentang penggunaan bahasa oleh siswa dan guru dalam kelas. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan baru dalam pengembangan pembelajaran bahasa di lingkungan pendidikan.