Pentingnya Kegiatan Pramuka dalam Membentuk Karakter Mandiri di Sekolah Dasar
Pendahuluan: Gerakan pramuka di sekolah dasar bertujuan membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriot, taat hukum, disiplin, dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa. Namun, pelaksanaan kegiatan pramuka di SDN Japanan 3 belum maksimal, dengan beberapa siswa kurang bersemangat mengikuti latihan rutin. Bagian: ① Faktor Pendukung: Pembina Pramuka yang mahir dan siswa yang berpartisipasi aktif. ② Faktor Penghambat: Kurangnya penekanan pada implementasi kegiatan pramuka dalam menghadapi tuntutan kemajuan zaman. ③ Metode Kegiatan Pramuka: Metode belajar sambil melakukan, pengamalan kode kehormatan Pramuka, kegiatan di alam terbuka, sistem tanda kecakapan, ceramah, diskusi, penugasan, demonstrasi, permainan, presentasi, dan simulasi. Kesimpulan: Pelaksanaan kegiatan pramuka yang efektif dan menyenangkan dapat membantu membentuk karakter mandiri siswa di sekolah dasar. Diperlukan perhatian lebih pada implementasi kegiatan pramuka agar siswa dapat lebih bersemangat dan terlibat aktif dalam kegiatan tersebut.