Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas XI IPS I SMA Negeri 1 Sambas

essays-star 4 (295 suara)

Pendahuluan: Dalam era digital saat ini, keterampilan menulis karangan argumentasi menjadi semakin penting bagi siswa. Karangan argumentasi memungkinkan siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, menyusun argumen yang kuat, dan menyampaikan pendapat dengan jelas dan persuasif. Namun, banyak siswa menghadapi kesulitan dalam mengembangkan keterampilan menulis karangan argumentasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan media gambar sebagai alat bantu dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas XI IPS I di SMA Negeri 1 Sambas. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas. Partisipan penelitian adalah siswa kelas XI IPS I yang terdiri dari 30 siswa. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus, dengan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Media gambar digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran menulis karangan argumentasi. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar secara efektif dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas XI IPS I. Siswa menunjukkan peningkatan dalam kemampuan menyusun argumen yang kuat, mengorganisir ide-ide dengan baik, dan menyampaikan pendapat dengan jelas dan persuasif. Selain itu, siswa juga menunjukkan peningkatan dalam kemampuan menganalisis dan mengevaluasi argumen. Diskusi: Penggunaan media gambar dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi memiliki beberapa keuntungan. Pertama, media gambar dapat membantu siswa memvisualisasikan ide-ide mereka dan mengorganisir argumen dengan lebih baik. Kedua, media gambar dapat memotivasi siswa untuk berpikir kreatif dan menghasilkan argumen yang unik. Ketiga, media gambar dapat meningkatkan daya tarik visual dari karangan argumentasi siswa, sehingga membuatnya lebih menarik bagi pembaca. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar secara efektif dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas XI IPS I. Oleh karena itu, disarankan agar guru-guru menggunakan media gambar sebagai alat bantu dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Kata Kunci: keterampilan menulis, karangan argumentasi, media gambar, siswa kelas XI IPS I.