Pengembangan Game Edukasi Kisah Tokoh Alkitab Berbasis Android untuk Anak Sekolah Minggu di Jemaat Mauliru
I. Pendahuluan A. Latar Belakang - Sekolah Minggu di Jemaat Mauliru memiliki tantangan dalam mengajarkan kisah-kisah tokoh Alkitab kepada anak-anak. - Anak-anak saat ini lebih tertarik dengan teknologi dan permainan digital. - Dalam rangka mengatasi tantangan ini, pengembangan game edukasi berbasis Android dapat menjadi solusi yang efektif. B. Tujuan Penelitian - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan game edukasi kisah tokoh Alkitab berbasis Android yang dapat digunakan dalam pembelajaran anak Sekolah Minggu di Jemaat Mauliru. - Game ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan pemahaman anak-anak terhadap kisah-kisah tokoh Alkitab. C. Metode Penelitian - Penelitian ini menggunakan metode pengembangan perangkat lunak berbasis Android. - Tahapan pengembangan meliputi analisis kebutuhan, desain, implementasi, pengujian, dan evaluasi. - Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan guru Sekolah Minggu dan anak-anak. D. Manfaat Penelitian - Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran anak Sekolah Minggu yang lebih menarik dan interaktif. - Game edukasi ini juga dapat digunakan oleh gereja-gereja lain dalam mengajarkan kisah-kisah tokoh Alkitab kepada anak-anak. II. Pengembangan Game Edukasi Kisah Tokoh Alkitab Berbasis Android A. Analisis Kebutuhan - Melakukan analisis kebutuhan terhadap game edukasi kisah tokoh Alkitab yang sesuai dengan kurikulum Sekolah Minggu di Jemaat Mauliru. - Mengidentifikasi fitur-fitur yang diperlukan dalam game edukasi ini. B. Desain Game - Merancang antarmuka pengguna yang menarik dan mudah digunakan. - Menentukan konten kisah tokoh Alkitab yang akan disajikan dalam game. C. Implementasi Game - Mengembangkan game edukasi kisah tokoh Alkitab berbasis Android menggunakan bahasa pemrograman Java. - Mengintegrasikan konten kisah tokoh Alkitab ke dalam game. D. Pengujian Game - Melakukan pengujian terhadap game edukasi ini untuk memastikan kualitas dan keberfungsianya. - Mengumpulkan umpan balik dari guru Sekolah Minggu dan anak-anak untuk perbaikan lebih lanjut. E. Evaluasi Game - Mengevaluasi efektivitas game edukasi ini dalam meningkatkan minat dan pemahaman anak-anak terhadap kisah-kisah tokoh Alkitab. - Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan game ini untuk pengembangan lebih lanjut. III. Kesimpulan - Pengembangan game edukasi kisah tokoh Alkitab berbasis Android dapat menjadi solusi yang efektif dalam mengajarkan kisah-kisah tokoh Alkitab kepada anak-anak Sekolah Minggu di Jemaat Mauliru. - Game ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan pemahaman anak-anak terhadap kisah-kisah tokoh Alkitab. - Pengembangan game edukasi ini juga dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran anak Sekolah Minggu yang lebih menarik dan interaktif. Catatan: Konten di atas hanya merupakan contoh dan tidak mencerminkan hasil akhir.