Faktor Penghambat dalam Melaksanakan Profil Pelajar Pancasila melalui Model Project Based Learning di SMAN 1 Babadan Ponorogo

essays-star 4 (248 suara)

Pendahuluan: SMAN 1 Babadan Ponorogo adalah salah satu sekolah menengah atas yang memiliki komitmen kuat untuk melaksanakan profil pelajar Pancasila. Salah satu pendekatan yang digunakan adalah model project based learning. Namun, dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa faktor penghambat yang perlu diatasi agar tujuan ini dapat tercapai dengan efektif. Faktor Penghambat Pertama: Kurangnya Sumber Daya Salah satu faktor penghambat utama dalam melaksanakan profil pelajar Pancasila melalui model project based learning di SMAN 1 Babadan Ponorogo adalah kurangnya sumber daya. Sekolah ini menghadapi keterbatasan dalam hal peralatan dan fasilitas yang diperlukan untuk melaksanakan proyek-proyek yang relevan dengan nilai-nilai Pancasila. Hal ini dapat menghambat siswa dalam mengembangkan pemahaman dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi pelajar Pancasila yang baik. Faktor Penghambat Kedua: Kurangnya Pemahaman Guru Selain kurangnya sumber daya, faktor penghambat lainnya adalah kurangnya pemahaman guru tentang model project based learning dan bagaimana mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila ke dalam proyek-proyek tersebut. Guru-guru di SMAN 1 Babadan Ponorogo perlu diberikan pelatihan dan pembekalan yang memadai agar mereka dapat mengimplementasikan model ini dengan efektif dan memastikan bahwa nilai-nilai Pancasila terintegrasi dengan baik dalam setiap proyek yang dilakukan. Faktor Penghambat Ketiga: Tuntutan Kurikulum yang Padat Tuntutan kurikulum yang padat juga menjadi faktor penghambat dalam melaksanakan profil pelajar Pancasila melalui model project based learning. Kurikulum yang padat dapat membuat waktu yang terbatas untuk melaksanakan proyek-proyek yang relevan dengan nilai-nilai Pancasila. Oleh karena itu, perlu ada penyesuaian dalam kurikulum yang memungkinkan siswa memiliki waktu yang cukup untuk melaksanakan proyek-proyek ini dengan baik. Kesimpulan: Dalam melaksanakan profil pelajar Pancasila melalui model project based learning di SMAN 1 Babadan Ponorogo, terdapat beberapa faktor penghambat yang perlu diatasi. Kurangnya sumber daya, kurangnya pemahaman guru, dan tuntutan kurikulum yang padat adalah beberapa faktor yang perlu diperhatikan. Dengan mengatasi faktor-faktor ini, diharapkan SMAN 1 Babadan Ponorogo dapat melaksanakan profil pelajar Pancasila dengan lebih efektif dan memastikan bahwa nilai-nilai Pancasila terintegrasi dengan baik dalam pendidikan siswa.