Upaya Penanganan Bullying di SDN 02 Batu Payuang Tahun 2024: Laporan Penelitian

essays-star 4 (224 suara)

Pendahuluan Bullying merupakan masalah serius yang sering terjadi di sekolah-sekolah. Hal ini dapat memiliki dampak negatif pada kesejahteraan siswa dan lingkungan belajar yang aman. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis upaya penanganan bullying yang dilakukan di SDN 02 Batu Payuang pada tahun 2024. Metode Penelitian Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara dengan siswa, guru, dan orang tua, serta analisis dokumen terkait kebijakan sekolah dan program penanganan bullying. Hasil Penelitian Berdasarkan analisis data, ditemukan beberapa upaya penanganan bullying yang dilakukan di SDN 02 Batu Payuang. Pertama, sekolah telah mengimplementasikan program pembelajaran tentang bullying dan bagaimana menghadapinya. Guru-guru juga dilatih untuk mengenali tanda-tanda bullying dan memberikan intervensi yang tepat. Selain itu, sekolah juga memiliki tim penanganan bullying yang terdiri dari guru, konselor, dan staf sekolah yang bekerja sama untuk menangani kasus bullying. Selain itu, sekolah juga melakukan upaya pencegahan bullying dengan mengadakan kegiatan sosialisasi tentang pentingnya menghormati perbedaan dan membangun hubungan yang sehat antar siswa. Program ini melibatkan siswa, guru, dan orang tua dalam upaya menciptakan lingkungan belajar yang aman dan inklusif. Diskusi dan Kesimpulan Upaya penanganan bullying yang dilakukan di SDN 02 Batu Payuang pada tahun 2024 telah memberikan dampak positif dalam mengurangi kasus bullying di sekolah. Namun, masih diperlukan upaya yang lebih intensif dan berkelanjutan untuk mengatasi masalah ini. Diperlukan kerjasama antara sekolah, orang tua, dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang bebas dari bullying. Kesimpulannya, penelitian ini menunjukkan bahwa upaya penanganan bullying di SDN 02 Batu Payuang pada tahun 2024 telah memberikan hasil yang positif. Namun, masih ada ruang untuk perbaikan dan pengembangan lebih lanjut dalam upaya mencegah dan mengatasi bullying di sekolah.