Kurikulum Tersembunyi: Sebuah Kajian tentang Peran Lingkungan Sekolah dalam Pembentukan Kepribadian

essays-star 4 (286 suara)

Pendidikan merupakan proses yang kompleks dan melibatkan banyak aspek, termasuk kurikulum yang diajarkan di sekolah. Namun, ada aspek lain dari pendidikan yang sering kali diabaikan, yaitu kurikulum tersembunyi. Kurikulum tersembunyi adalah serangkaian nilai, sikap, dan perilaku yang dipelajari oleh siswa di sekolah, tetapi tidak secara eksplisit diajarkan dalam kurikulum formal. Ini adalah topik yang menarik dan penting untuk diteliti, terutama dalam konteks peran lingkungan sekolah dalam pembentukan kepribadian.

Kurikulum Tersembunyi: Definisi dan Contoh

Kurikulum tersembunyi merujuk pada apa yang dipelajari siswa di luar kurikulum formal. Ini bisa berupa nilai-nilai sosial, norma-norma perilaku, atau sikap-sikap tertentu yang diterima dan dianut oleh komunitas sekolah. Contoh dari kurikulum tersembunyi bisa berupa sikap terhadap otoritas, nilai-nilai kerja sama, atau bahkan persepsi tentang gender dan ras.

Peran Lingkungan Sekolah dalam Kurikulum Tersembunyi

Lingkungan sekolah memainkan peran penting dalam kurikulum tersembunyi. Ini karena lingkungan sekolah adalah tempat di mana siswa menghabiskan sebagian besar waktu mereka, dan oleh karena itu, memiliki pengaruh besar pada pembentukan kepribadian mereka. Lingkungan sekolah yang positif dan mendukung dapat membantu siswa mengembangkan sikap dan perilaku positif, sementara lingkungan sekolah yang negatif atau tidak mendukung dapat memiliki efek sebaliknya.

Kurikulum Tersembunyi dan Pembentukan Kepribadian

Kurikulum tersembunyi memiliki dampak yang signifikan pada pembentukan kepribadian siswa. Nilai-nilai, sikap, dan perilaku yang dipelajari siswa melalui kurikulum tersembunyi dapat membentuk cara mereka berinteraksi dengan orang lain, cara mereka memandang dunia, dan bahkan cara mereka memandang diri mereka sendiri. Oleh karena itu, penting bagi sekolah untuk mempertimbangkan kurikulum tersembunyi dan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi pembentukan kepribadian siswa.

Implikasi dan Rekomendasi

Mengingat pentingnya kurikulum tersembunyi dalam pembentukan kepribadian, ada beberapa implikasi dan rekomendasi yang dapat diambil. Pertama, sekolah harus lebih sadar tentang kurikulum tersembunyi dan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi siswa. Kedua, sekolah harus berusaha untuk menciptakan lingkungan yang positif dan mendukung, yang dapat membantu siswa mengembangkan sikap dan perilaku positif. Akhirnya, sekolah harus berusaha untuk memasukkan nilai-nilai dan sikap positif dalam kurikulum formal mereka, untuk memastikan bahwa siswa mendapatkan pendidikan yang seimbang dan holistik.

Dalam penutup, kurikulum tersembunyi adalah aspek penting dari pendidikan yang sering kali diabaikan. Namun, ini memiliki dampak yang signifikan pada pembentukan kepribadian siswa dan oleh karena itu, harus diberikan perhatian yang layak. Dengan memahami dan memanfaatkan kurikulum tersembunyi, sekolah dapat berkontribusi secara signifikan terhadap pembentukan kepribadian siswa yang positif dan sehat.