Pengaruh Kualitas Hubungan Guru Siswa terhadap Motivasi Belajar di Sekolah Menengah Atas
Pendahuluan: Motivasi belajar adalah faktor penting dalam keberhasilan siswa di sekolah. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar adalah kualitas hubungan antara guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh kualitas hubungan guru siswa terhadap motivasi belajar di sekolah menengah atas. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode analitis untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Sampel penelitian terdiri dari siswa-siswa SMA di Negara X. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur kualitas hubungan guru siswa dan tingkat motivasi belajar siswa. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara kualitas hubungan guru siswa dan motivasi belajar siswa di sekolah menengah atas. Siswa yang memiliki hubungan yang baik dengan guru cenderung memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi. Diskusi: Temuan ini konsisten dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa hubungan yang positif antara guru dan siswa dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kualitas hubungan guru siswa dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti komunikasi yang efektif, dukungan emosional, dan penghargaan terhadap prestasi siswa. Kesimpulan: Dalam konteks sekolah menengah atas, kualitas hubungan guru siswa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, penting bagi sekolah dan guru untuk memperhatikan dan memperkuat hubungan dengan siswa untuk meningkatkan motivasi belajar mereka. Catatan Akhir: Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga tentang pentingnya kualitas hubungan guru siswa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah menengah atas. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi dasar untuk pengembangan strategi dan program yang dapat meningkatkan hubungan guru siswa dan motivasi belajar siswa di sekolah.