Mengapa Tidak Ada yang Namanya Siswa "Nakal

essays-star 4 (155 suara)

Menurut saya, tidak ada yang namanya siswa "nakal", melainkan siswa yang menghadapi masalah atau situasi tertentu. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan siswa berperilaku "nakal" saat di sekolah. Pertama, siswa sedang menghadapi krisis identitas. Perubahan biologis pada masa remaja dapat menyebabkan perasaan ketidakpastian dan kesulitan dalam mencapai identitas peran. Ketidakmampuan siswa untuk mencapai identitas peran yang jelas dapat menyebabkan perilaku yang dianggap "nakal". Kedua, siswa mungkin memiliki kontrol diri yang lemah. Beberapa siswa mungkin tidak memiliki pemahaman yang baik tentang perbedaan antara perilaku yang diterima dan perilaku yang tidak diterima. Mereka mungkin tidak memiliki keterampilan yang cukup untuk mengembangkan kontrol diri terhadap perilaku yang dianggap "nakal". Ketiga, kurangnya kasih sayang dari orang tua juga dapat mempengaruhi perilaku siswa. Orang tua yang sibuk dengan pekerjaan atau kurang memberikan perhatian kepada anak mereka dapat menyebabkan siswa mencari perhatian dari orang lain dengan cara yang salah. Kurangnya pengenalan dan pengajaran norma-norma agama juga dapat menyebabkan siswa berperilaku "nakal". Keempat, kondisi keluarga yang tidak harmonis juga dapat mempengaruhi perilaku siswa. Suasana yang tidak nyaman di rumah dapat membuat siswa sulit berkonsentrasi saat belajar. Ketidakharmonisan antara kedua orang tua juga dapat menjadi akar permasalahan bagi anak mereka. Kelima, siswa dapat menjadi "korban" dari saudara atau teman sepermainan mereka. Jika siswa merasa bahwa mereka telah menjadi korban, mereka mungkin mencoba membalas dendam dengan melakukan perilaku yang dianggap "nakal" kepada orang lain. Keenam, tekanan dari orang tua juga dapat mempengaruhi perilaku siswa. Tekanan yang terlalu tinggi untuk mencapai prestasi di sekolah atau peraturan yang terlalu ketat di rumah dapat membuat siswa merasa tertekan dan ingin melampiaskan diri dengan perilaku yang dianggap "nakal". Ketujuh, kekerasan dalam lingkungan keluarga juga dapat mempengaruhi perilaku siswa. Siswa yang mengalami kekerasan di rumah mungkin menunjukkan sikap memberontak kepada guru dan bahkan melakukan kekerasan seperti yang mereka alami. Kedelapan, pergaulan yang salah juga dapat mempengaruhi perilaku siswa. Lingkungan yang tidak sehat atau pergaulan yang tidak tepat dapat menyebabkan siswa terpengaruh dan menunjukkan perilaku yang menyimpang. Dengan mengetahui latar belakang masalah perilaku siswa, kita seharusnya merasa iba dan kasihan daripada memberikan label negatif kepada mereka. Sebagai pendidik, penting bagi kita untuk menghentikan penggunaan label "nakal" dan mencoba memahami dan membantu siswa mengatasi masalah yang mereka hadapi. Kesimpulan: Siswa yang dianggap "nakal" sebenarnya menghadapi masalah atau situasi tertentu yang mempengaruhi perilaku mereka. Faktor seperti krisis identitas, kontrol diri yang lemah, kurangnya kasih sayang orang tua, kondisi keluarga yang tidak harmonis, menjadi "korban" dari saudara atau teman, tekanan dari orang tua, kekerasan dalam lingkungan keluarga, dan pergaulan yang salah dapat menyebabkan siswa berperilaku "nakal". Sebagai pendidik, penting bagi kita untuk memahami latar belakang masalah siswa dan membantu mereka mengatasi masalah tersebut, daripada memberikan label negatif kepada mereka.