Code-switching in EFL classrooms: Perceptions of students and teachers
Pendahuluan: Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penggunaan code-switching dalam kelas bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL) dari sudut pandang siswa dan guru. Penelitian ini melibatkan 43 siswa tingkat dasar dan empat guru mereka di dua kelas EFL. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, dan wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan code-switching oleh siswa cukup tinggi, sementara penggunaan code-switching oleh guru lebih tinggi dari yang diharapkan. Penggunaan code-switching oleh siswa cenderung lebih tinggi pada tingkat inisiasi siswa, sementara penggunaan code-switching oleh guru lebih cenderung pada tingkat intersentential. Fungsi code-switching yang paling umum digunakan oleh siswa dan guru adalah untuk membahas tugas tata bahasa atau bahasa. Persepsi semua partisipan terhadap code-switching adalah bahwa itu adalah alat yang mempercepat pembelajaran pada tingkat pemula dan dapat digunakan untuk menarik perhatian atau bercanda, tetapi sebaiknya dihindari saat tingkat kecakapan meningkat. Bagian: ① Latar Belakang Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penggunaan code-switching dalam kelas EFL. ② Metode Penelitian: Penelitian ini melibatkan 43 siswa dan empat guru dalam dua kelas EFL. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, dan wawancara. ③ Hasil Penelitian: Analisis menunjukkan bahwa penggunaan code-switching oleh siswa dan guru cukup tinggi. Penggunaan code-switching oleh siswa lebih tinggi pada tingkat inisiasi siswa, sementara penggunaan code-switching oleh guru lebih cenderung pada tingkat intersentential. Fungsi code-switching yang paling umum digunakan adalah untuk membahas tugas tata bahasa atau bahasa. ④ Persepsi Partisipan: Semua partisipan sepakat bahwa code-switching dapat mempercepat pembelajaran pada tingkat pemula dan dapat digunakan untuk menarik perhatian atau bercanda, tetapi sebaiknya dihindari saat tingkat kecakapan meningkat. Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan code-switching dalam kelas EFL cukup tinggi dan dapat memiliki manfaat pada tingkat pemula. Namun, sebaiknya dihindari saat tingkat kecakapan meningkat.