Peluang Memilih Pelajar Wanita atau yang Memakai Arloji
Dalam sebuah kelas yang terdiri dari 10 pelajar pria dan 20 pelajar wanita, dengan separuh pelajar pria memakai arloji dan separuh pelajar wanita juga memakainya, kita dapat menghitung peluang memilih satu pelajar yang merupakan wanita atau yang memakai arloji. Untuk melakukan hal ini, kita perlu mempertimbangkan jumlah total pelajar yang memenuhi kriteria tersebut. Jumlah pelajar wanita yang memakai arloji dapat dihitung dengan mengalikan separuh dari total pelajar wanita dengan separuh dari total pelajar yang memakai arloji. Dengan demikian, peluang memilih satu pelajar yang merupakan wanita atau yang memakai arloji adalah hasil dari pembagian jumlah pelajar wanita yang memakai arloji dengan total keseluruhan pelajar dalam kelas. Dengan demikian, melalui perhitungan yang tepat, kita dapat menentukan peluang memilih pelajar yang merupakan wanita atau yang memakai arloji dalam kelas tersebut. Hal ini menunjukkan pentingnya pemahaman konsep peluang dalam konteks kehidupan sehari-hari dan bagaimana menerapkannya dalam situasi nyata.