Strategi Mengatasi Perilaku 'Cari Muka' dalam Kelas Bahasa Inggris

essays-star 4 (270 suara)

Mengenal Perilaku 'Cari Muka'

Perilaku 'cari muka' dalam kelas Bahasa Inggris seringkali menjadi tantangan bagi guru dan siswa. Perilaku ini biasanya ditunjukkan oleh siswa yang berusaha menonjolkan diri dengan berbagai cara, seperti menjawab pertanyaan lebih cepat dari yang lain, selalu ingin berbicara, atau bahkan mengganggu proses belajar mengajar. Meski terkadang menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam belajar, perilaku 'cari muka' ini dapat mengganggu kenyamanan dan proses belajar siswa lainnya.

Strategi Menghadapi Perilaku 'Cari Muka'

Ada beberapa strategi yang bisa digunakan untuk mengatasi perilaku 'cari muka' dalam kelas Bahasa Inggris. Pertama, guru dapat memberikan kesempatan yang sama kepada semua siswa untuk berpartisipasi dalam kelas. Ini bisa dilakukan dengan cara membagi waktu secara adil, atau menggunakan metode belajar yang melibatkan semua siswa, seperti diskusi kelompok atau belajar berbasis proyek.

Kedua, guru dapat memberikan feedback yang konstruktif kepada siswa yang menunjukkan perilaku 'cari muka'. Feedback ini harus jujur dan langsung, namun disampaikan dengan cara yang sopan dan menghargai perasaan siswa. Tujuannya adalah untuk membantu siswa memahami bahwa perilaku mereka dapat mengganggu proses belajar mengajar dan merusak hubungan dengan siswa lainnya.

Membangun Lingkungan Belajar yang Positif

Selain strategi di atas, penting juga untuk membangun lingkungan belajar yang positif dalam kelas Bahasa Inggris. Lingkungan yang positif ini dapat mendorong siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses belajar, tanpa perlu menunjukkan perilaku 'cari muka'. Beberapa cara untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif antara lain dengan memberikan pujian dan penghargaan kepada siswa yang berperilaku baik, mendorong kerjasama antar siswa, dan menciptakan suasana kelas yang nyaman dan mendukung proses belajar.

Kesimpulan

Perilaku 'cari muka' dalam kelas Bahasa Inggris memang bisa menjadi tantangan, namun dengan strategi yang tepat, guru dapat mengatasi perilaku ini dan menciptakan lingkungan belajar yang positif. Dengan demikian, semua siswa dapat berpartisipasi secara aktif dan merasa dihargai dalam proses belajar Bahasa Inggris.