Meningkatkan Proses Pembelajaran dengan Langkah-langkah Perbaikan yang Efektif
Prosedur pembelajaran yang ditempuh meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup merupakan langkah penting dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Pada bagian ini, kita akan fokus pada tahap kegiatan awal yang mencakup persiapan alat peraga, apersepsi, dan pre-test.
Kegiatan awal dimulai dengan menyiapkan alat peraga seperti boneka, balon jeruk, dan apel, serta lembar kerja siswa. Apersepsi dilakukan untuk membangkitkan motivasi dan perhatian siswa dalam kegiatan pembelajaran. Misalnya, guru dapat bertanya pada siswa apakah mereka tahu tentang boneka dan meminta mereka untuk menceritakan apa yang mereka ketahui tentang boneka. Selanjutnya, guru memberikan penguatan terhadap respon positif yang diberikan siswa. Selain itu, kegiatan awal juga melibatkan pemberian pre-test kepada siswa untuk mengukur pemahaman awal mereka sebelum materi pembelajaran diberikan.
Dengan melakukan langkah-langkah perbaikan pada kegiatan awal, diharapkan proses pembelajaran dapat menjadi lebih menarik dan efektif bagi siswa.