Manfaat Baris Sesuai Kelas dalam Pembiasaan Pentas Seni dan Literasi

essays-star 4 (306 suara)

Baris sesuai kelas adalah salah satu pembiasaan yang diterapkan dalam pentas seni dan literasi di sekolah. Meskipun tujuannya adalah untuk membuat siswa tertib, namun terkadang pembiasaan ini memakan waktu dan merepotkan, terutama saat tidak ada siswa yang ingin berbaris di depan. Selain itu, baris sesuai kelas juga dapat membatasi interaksi sosial dan komunikasi antar siswa. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan manfaat dan kekurangan dari pembiasaan ini. Salah satu manfaat utama dari baris sesuai kelas adalah membantu menciptakan lingkungan yang teratur dan terorganisir. Dengan siswa yang berbaris sesuai dengan kelas mereka, guru dapat dengan mudah memeriksa kehadiran siswa dan memastikan bahwa semua siswa hadir. Hal ini juga memudahkan proses pengumpulan data dan evaluasi kinerja siswa. Selain itu, baris sesuai kelas juga membantu dalam memperkuat rasa disiplin siswa dan mengajarkan mereka untuk menghargai aturan dan peraturan yang berlaku di sekolah. Namun, terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan dalam pembiasaan ini. Salah satunya adalah waktu yang dibutuhkan untuk melakukan baris sesuai kelas. Dalam beberapa kasus, proses ini dapat memakan waktu yang cukup lama dan mengganggu jadwal pelajaran. Selain itu, terkadang siswa yang tidak ingin berbaris di depan dapat menjadi sumber permasalahan dan mengganggu keharmonisan dalam kelas. Selain itu, baris sesuai kelas juga dapat membatasi interaksi sosial dan komunikasi antar siswa. Siswa yang cenderung introvert atau memiliki kesulitan dalam berkomunikasi mungkin merasa kesulitan dalam berpartisipasi dalam diskusi dan kegiatan kelompok. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk mempertimbangkan alternatif yang lebih efektif dan menyenangkan untuk membiasakan siswa dalam pentas seni dan literasi. Beberapa alternatif yang dapat diterapkan adalah rotasi baris, pembagian kelompok kecil, atau penggunaan teknologi seperti aplikasi atau perangkat lunak khusus. Dengan demikian, siswa dapat tetap tertib tanpa mengorbankan interaksi sosial dan komunikasi mereka. Sebagai kesimpulan, baris sesuai kelas dalam pembiasaan pentas seni dan literasi memiliki manfaat dan kekurangan yang perlu diperhatikan. Meskipun pembiasaan ini dapat membantu menciptakan lingkungan yang teratur dan terorganisir, namun juga dapat membatasi interaksi sosial dan komunikasi antar siswa. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk mempertimbangkan alternatif yang lebih efektif dan menyenangkan untuk membiasakan siswa dalam pentas seni dan literasi.