Meningkatkan Hasil Pembelajaran PAK/Materi Sakramen melalui Metode Pembelajaran Berbasis Proyek di Kelas VII SMP Fajar Banj, Manado
Dalam laporan PTK yang berjudul "Meningkatkan Hasil Pembelajaran PAK/Materi Sakramen melalui Metode Pembelajaran Berbasis Proyek di Kelas VII SMP Fajar Banj, Manado", terdapat beberapa latar belakang yang menjadi dasar penelitian ini. Beberapa latar belakang tersebut antara lain: 1. Guru merancang 3 siklus dalam penelitian PTK tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa metode pembelajaran berbasis proyek dapat diterapkan secara efektif dan efisien dalam meningkatkan hasil pembelajaran PAK/Materi Sakramen. 2. Terdapat kecenderungan siswa yang malas dan rasa ingin tahunya rendah. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa metode pembelajaran berbasis proyek dipilih. Metode ini dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa, sehingga mereka lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran. 3. Hasil ulangan akhir Kompetensi Dasar sebelumnya menunjukkan bahwa nilai rata-ratanya di bawah KKM. Dengan menerapkan metode pembelajaran berbasis proyek, diharapkan siswa dapat mencapai atau bahkan melebihi KKM dalam pembelajaran PAK/Materi Sakramen. 4. Metode pembelajaran berbasis proyek memiliki keunggulan dalam mengembangkan keterampilan siswa, seperti keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kerjasama. Hal ini sangat relevan dengan tujuan pembelajaran PAK/Materi Sakramen yang juga mengedepankan pengembangan karakter siswa. 5. Karakteristik siswa kelas VII SMP Fajar Banj, Manado juga menjadi pertimbangan dalam memilih metode pembelajaran berbasis proyek. Dengan memahami karakteristik siswa, guru dapat merancang proyek yang sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa, sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan bermakna bagi mereka. 6. Meskipun terdapat beberapa siswa yang telah mencapai KKM, masih ada lebih dari 40% siswa yang belum mencapainya. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk meningkatkan hasil pembelajaran PAK/Materi Sakramen bagi siswa yang masih berada di bawah KKM. Dengan memperhatikan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran PAK/Materi Sakramen melalui metode pembelajaran berbasis proyek di kelas VII SMP Fajar Banj, Manado.