Pengaruh Bermain Game Online terhadap Kinerja Akademik Siswa di SMAN 87 Jakart

essays-star 4 (312 suara)

Pendahuluan Dalam era digital saat ini, bermain game online telah menjadi kegiatan yang populer di kalangan remaja, termasuk siswa di sekolah menengah atas. Namun, adanya kebiasaan bermain game online yang berlebihan dapat berdampak negatif pada kinerja akademik siswa. Oleh karena itu, penelitian survei ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain game online terhadap kinerja akademik siswa di SMAN 87 Jakarta. Metode Penelitian Penelitian survei ini dilakukan dengan memilih sampel siswa di SMAN 87 Jakarta. Survei ini mengandung pertanyaan tentang seberapa sering siswa menunda pekerjaan lain saat bermain game online dan seberapa sering siswa merasa tertekan. Jawaban dari survei ini kemudian dianalisis untuk mengetahui pengaruh bermain game online terhadap kinerja akademik siswa. Hasil dan Analisis Hasil survei menunjukkan bahwa sebagian besar siswa merasa bahwa bermain game online dapat mengganggu kinerja akademik mereka. Siswa yang sering menunda pekerjaan lain saat bermain game online cenderung memiliki nilai yang lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang jarang bermain game online. Selain itu, hasil survei juga menunjukkan bahwa siswa yang sering merasa tertekan cenderung memiliki kinerja akademik yang buruk. Kesimpulan Berdasarkan hasil survei, dapat disimpulkan bahwa bermain game online dapat berdampak negatif pada kinerja akademik siswa. Oleh karena itu, penting bagi siswa untuk mengelola waktu mereka dengan baik dan membatasi waktu bermain game online agar tidak mengganggu kinerja akademik mereka. Selain itu, sekolah juga perlu memberikan edukasi kepada siswa tentang bahaya berlebihan bermain game online dan pentingnya keseimbangan antara hiburan dan kinerja akademik. Keterbatasan Penelitian Penelitian survei ini memiliki keterbatasan dalam hal jumlah sampel yang diambil. Oleh karena itu, hasil penelitian ini hanya dapat dianggap sebagai indikasi umum dan tidak dapat dijadikan dasar untuk menyimpulkan secara keseluruhan tentang pengaruh bermain game online terhadap kinerja akademik siswa di SMAN 87 Jakarta. Penelitian lebih lanjut dengan sampel yang lebih besar dan metode yang lebih komprehensif diperlukan untuk memperkuat temuan ini. Kesimpulan Survei ini menunjukkan bahwa bermain game online dapat berdampak negatif pada kinerja akademik siswa di SMAN 87 Jakarta. Oleh karena itu, penting bagi siswa untuk mengelola waktu mereka dengan baik dan membatasi waktu bermain game online agar tidak mengganggu kinerja akademik mereka. Selain itu, sekolah juga perlu memberikan edukasi kepada siswa tentang bahaya berlebihan bermain game online dan pentingnya keseimbangan antara hiburan dan kinerja akademik.