Perbandingan Empat Teori Belajar dalam Pembelajaran Kelas

essays-star 4 (219 suara)

Pendahuluan:

Bagian:

① Teori Belajar Behaviorisme:

- Tokoh: Ivan Pavlov, B.F. Skinner

- Substansi/Isi Teori: Pembelajaran berpusat pada respons terhadap rangsangan eksternal

- Objek Kajian Teori: Perilaku yang teramati

- Bentuk Implementasi dalam pembelajaran di Kelas: Penggunaan reinforcement dan punishment

② Teori Belajar Kognitif:

- Tokoh: Jean Piaget, Lev Vygotsky

- Substansi/Isi Teori: Pembelajaran dipengaruhi oleh pemahaman, persepsi, dan pemecahan masalah

- Objek Kajian Teori: Proses mental dan pemikiran

- Bentuk Implementasi dalam pembelajaran di Kelas: Pemberian tugas berpikir kritis dan kolaborasi

③ Teori Belajar Humanistik:

- Tokoh: Carl Rogers, Abraham Maslow

- Substansi/Isi Teori: Pembelajaran berpusat pada kebutuhan individu, pengalaman, dan pertumbuhan pribadi

- Objek Kajian Teori: Pengalaman dan potensi individu

- Bentuk Implementasi dalam pembelajaran di Kelas: Fokus pada self-directed learning dan pemberian umpan balik positif

④ Teori Belajar Konstruktivis:

- Tokoh: Jerome Bruner, Lev Vygotsky

- Substansi/Isi Teori: Pembelajaran melalui konstruksi pengetahuan oleh individu

- Objek Kajian Teori: Konstruksi pengetahuan dan pemahaman

- Bentuk Implementasi dalam pembelajaran di Kelas: Pemberian proyek berbasis masalah dan diskusi kelompok

Kesimpulan: