Analisis Konsep Usaha dalam Mendorong Kereta Belanj
Dalam pengamatan yang dilakukan oleh Syifa dan Adit terkait konsep usaha dalam mendorong kereta belanja, mereka mencatat data yang menunjukkan hubungan antara massa kereta belanja (M), gaya yang diberikan (F), dan waktu yang dibutuhkan (t). Data tersebut tertera dalam tabel berikut: No | M (kg) | F (N) | t (s) ---|--------|-------|------ 1 | 40 | 25 | 4 2 | 30 | 30 | 2 3 | 25 | 20 | 10 4 | 50 | 10 | 5 Berdasarkan data pengamatan di atas, kita akan menganalisis nilai usaha yang memiliki nilai terkecil. Dalam konsep usaha, usaha (W) didefinisikan sebagai perkalian antara gaya yang diberikan (F) dengan jarak yang ditempuh (d). Namun, dalam kasus ini, jarak yang ditempuh tidak diketahui. Oleh karena itu, kita akan menggunakan rumus usaha (W) = gaya (F) dikalikan dengan waktu (t). Dengan menggunakan rumus tersebut, kita dapat menghitung nilai usaha untuk setiap pengamatan: 1. Usaha pada pengamatan pertama: W1 = F1 * t1 = 25 N * 4 s = 100 Ns 2. Usaha pada pengamatan kedua: W2 = F2 * t2 = 30 N * 2 s = 60 Ns 3. Usaha pada pengamatan ketiga: W3 = F3 * t3 = 20 N * 10 s = 200 Ns 4. Usaha pada pengamatan keempat: W4 = F4 * t4 = 10 N * 5 s = 50 Ns Dari hasil perhitungan di atas, dapat kita lihat bahwa nilai usaha terkecil adalah 50 Ns pada pengamatan keempat. Dalam kesimpulan, berdasarkan data pengamatan yang dilakukan oleh Syifa dan Adit, nilai usaha terkecil adalah 50 Ns pada pengamatan keempat. Hal ini menunjukkan bahwa gaya yang diberikan pada kereta belanja dengan massa 50 kg selama 5 detik menghasilkan usaha yang paling kecil dibandingkan dengan pengamatan lainnya. Dengan demikian, analisis konsep usaha dalam mendorong kereta belanja dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang hubungan antara massa, gaya, waktu, dan usaha yang diperlukan dalam situasi ini.