Pengalaman Belajar yang Menarik Tetapi Tidak Berguna saat Mengamati Pembelajaran IPA di Kelas 8
Selama kegiatan asistensi mengajar di kelas 8 pada mata pelajaran IPA, saya mengalami pengalaman belajar yang menarik tetapi tidak berguna. Meskipun momen pembelajaran guru mengajar di kelas memberikan kesan yang kuat, saya menyadari bahwa pengalaman tersebut tidak memberikan manfaat yang signifikan dalam pemahaman saya terhadap materi pelajaran. Pada salah satu momen pembelajaran, guru menjelaskan konsep tentang reaksi kimia dengan menggunakan percobaan yang menarik. Saya sangat antusias dan tertarik dengan percobaan tersebut, karena itu adalah sesuatu yang baru bagi saya. Namun, setelah mengamati percobaan tersebut, saya menyadari bahwa saya hanya terpesona dengan efek visual yang dihasilkan, tanpa benar-benar memahami prinsip-prinsip dasar yang terlibat dalam reaksi kimia tersebut. Selain itu, ada juga momen pembelajaran di mana guru menggunakan media presentasi yang menarik dan interaktif. Saya sangat terkesan dengan cara guru menyampaikan materi pelajaran dengan menggunakan gambar, video, dan animasi yang menarik. Namun, setelah mengamati momen tersebut, saya menyadari bahwa saya lebih fokus pada tampilan visual yang menarik daripada pada pemahaman substansi materi pelajaran. Pengalaman belajar yang menarik tetapi tidak berguna ini membuat saya menyadari pentingnya pemahaman yang mendalam terhadap materi pelajaran. Meskipun momen pembelajaran yang menarik dapat membangkitkan minat dan antusiasme, tetapi tanpa pemahaman yang baik, pengalaman tersebut tidak akan memberikan manfaat yang signifikan dalam proses pembelajaran. Dalam menghadapi pengalaman belajar seperti ini, saya menyadakan bahwa penting untuk tidak hanya terpesona dengan hal-hal yang menarik secara visual, tetapi juga untuk fokus pada pemahaman substansi materi pelajaran. Saya belajar bahwa pengalaman belajar yang bermanfaat adalah pengalaman yang menggabungkan antara keindahan visual dengan pemahaman yang mendalam. Dalam kesimpulan, pengalaman belajar yang menarik tetapi tidak berguna saat mengamati pembelajaran IPA di kelas 8 mengajarkan saya pentingnya pemahaman substansi materi pelajaran. Meskipun momen pembelajaran yang menarik dapat membangkitkan minat dan antusiasme, tetapi tanpa pemahaman yang baik, pengalaman tersebut tidak akan memberikan manfaat yang signifikan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, saya berkomitmen untuk selalu fokus pada pemahaman substansi materi pelajaran dalam setiap pengalaman belajar yang saya alami.