Peran Perenialisme dalam Pengembangan Kurikulum IPS SD di Indonesi
Aliran filsafat perenialisme memiliki peran penting dalam pengembangan kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar (SD) di Indonesia. Perenialisme adalah aliran filsafat yang mengembangkan intelektualisme, yang berarti pengembangan intelektualisme didasarkan dan ditujukan untuk mengembangkan dan melestarikan nilai-nilai luhur bangsa. Dalam konteks kurikulum IPS SD, perenialisme berperan dalam menjadikan peserta didik sebagai warga negara yang memiliki pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai luhur bangsa. Pendekatan perenialisme dalam pengembangan kurikulum IPS SD di Indonesia didasarkan pada keyakinan bahwa pendidikan harus mengajarkan nilai-nilai universal yang relevan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Kurikulum IPS SD yang didasarkan pada perenialisme tidak hanya fokus pada penguasaan materi pelajaran, tetapi juga pada pengembangan pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai luhur bangsa. Dalam kurikulum IPS SD yang berbasis perenialisme, peserta didik diajarkan untuk memahami sejarah, budaya, dan nilai-nilai luhur bangsa. Mereka diajarkan untuk menghargai dan melestarikan warisan budaya bangsa, serta untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab dan berkontribusi positif bagi masyarakat. Melalui pembelajaran IPS yang berbasis perenialisme, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai luhur bangsa dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Namun, perlu diingat bahwa pengembangan kurikulum IPS SD yang berbasis perenialisme tidak boleh menjadi ideologis. Kurikulum harus tetap mengedepankan prinsip-prinsip pendidikan yang objektif dan inklusif, serta mengakomodasi keberagaman peserta didik. Kurikulum IPS SD yang berbasis perenialisme harus mampu mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai luhur bangsa tanpa mengesampingkan pemahaman tentang keberagaman budaya dan pandangan dunia yang ada di masyarakat. Dalam kesimpulan, perenialisme memiliki peran penting dalam pengembangan kurikulum IPS SD di Indonesia. Pendekatan perenialisme dalam kurikulum IPS SD dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai luhur bangsa dan menjadi warga negara yang bertanggung jawab. Namun, perlu diingat bahwa pengembangan kurikulum IPS SD yang berbasis perenialisme harus tetap mengedepankan prinsip-prinsip pendidikan yang objektif dan inklusif.