Strategi Pembelajaran Di Luar Kelas (Outing Class) Dalam Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Anak Di PAUD Negri Pembina Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang
Penelitian yang dilakukan oleh Yuli Ermalia (2020) bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan naturalis anak di PAUD Negri Pembina Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang melalui strategi pembelajaran di luar kelas atau outing class. Penelitian ini dilakukan karena ditemukan permasalahan bahwa anak-anak belum memiliki ingatan yang tajam mengenai hewan dan tumbuhan, serta kurangnya pemahaman mereka tentang lingkungan sekitar. Metode penelitian yang digunakan adalah pre eksperimen design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran di luar kelas dapat efektif dalam mengembangkan kecerdasan naturalis anak. Terjadi peningkatan persentase kecerdasan naturalis dari 19,25% menjadi 33,50% setelah penerapan metode pembelajaran ini. Strategi pembelajaran di luar kelas melibatkan kegiatan outing class, di mana anak-anak diajak untuk belajar di luar ruangan dan berinteraksi langsung dengan lingkungan sekitar. Dalam kegiatan ini, anak-anak dapat mengamati dan mempelajari berbagai jenis hewan dan tumbuhan secara langsung. Mereka juga diajak untuk memahami pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan bagaimana mereka dapat berkontribusi dalam menjaga lingkungan tersebut. Dengan adanya kegiatan outing class, anak-anak dapat mengembangkan kecerdasan naturalis mereka dengan lebih baik. Mereka menjadi lebih peka terhadap lingkungan sekitar dan memiliki pengetahuan yang lebih luas tentang berbagai jenis hewan dan tumbuhan. Selain itu, kegiatan ini juga dapat meningkatkan ingatan anak-anak terhadap apa yang mereka pelajari, karena mereka dapat menghubungkan pengetahuan yang mereka dapatkan dengan pengalaman langsung yang mereka alami. Dalam penelitian ini, strategi pembelajaran di luar kelas terbukti efektif dalam mengembangkan kecerdasan naturalis anak di PAUD Negri Pembina Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang. Dengan adanya kegiatan outing class, anak-anak dapat mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang lingkungan sekitar dan memiliki pengetahuan yang lebih luas tentang hewan dan tumbuhan. Hal ini dapat membantu mereka dalam mengembangkan kecerdasan naturalis mereka secara keseluruhan.