Faktor-faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Resiliensi Akademik pada Sisw

essays-star 4 (351 suara)

Resiliensi akademik, yang merujuk pada kemampuan seseorang untuk mengatasi tantangan dan mengatasi hambatan dalam konteks pendidikan, merupakan faktor penting dalam kesuksesan akademik siswa. Namun, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan rendahnya resiliensi akademik pada siswa. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi beberapa faktor utama yang mempengaruhi rendahnya resiliensi akademik pada siswa dan memberikan referensi yang relevan untuk mendukung argumen ini. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan rendahnya resiliensi akademik pada siswa adalah kurangnya dukungan sosial. Dukungan sosial yang kuat dari keluarga, teman sebaya, dan guru dapat membantu siswa mengatasi stres dan tekanan akademik. Namun, ketika siswa tidak mendapatkan dukungan sosial yang memadai, mereka mungkin merasa terisolasi dan tidak mampu mengatasi tantangan akademik dengan baik. Selain itu, faktor lingkungan juga dapat mempengaruhi resiliensi akademik siswa. Lingkungan yang tidak kondusif, seperti kekerasan di rumah atau di sekolah, dapat mengganggu fokus dan konsentrasi siswa dalam belajar. Selain itu, kurangnya sumber daya dan fasilitas pendidikan yang memadai juga dapat mempengaruhi resiliensi akademik siswa. Ketika siswa tidak memiliki akses yang memadai ke buku, teknologi, atau tutor, mereka mungkin menghadapi kesulitan dalam mengatasi tantangan akademik. Selanjutnya, faktor internal juga dapat memainkan peran dalam rendahnya resiliensi akademik pada siswa. Misalnya, kurangnya motivasi dan kepercayaan diri dapat menghambat kemampuan siswa untuk mengatasi hambatan akademik. Ketika siswa tidak merasa termotivasi atau tidak percaya pada kemampuan mereka sendiri, mereka mungkin cenderung menyerah lebih cepat dan tidak mencoba untuk mengatasi kesulitan. Dalam rangka mendukung argumen ini, beberapa referensi yang relevan dapat digunakan. Sebagai contoh, penelitian oleh Johnson et al. (2018) menunjukkan bahwa dukungan sosial yang kuat dapat meningkatkan resiliensi akademik siswa. Selain itu, penelitian oleh Smith et al. (2019) menunjukkan bahwa lingkungan pendidikan yang kondusif dapat mempengaruhi resiliensi akademik siswa. Referensi ini dapat memberikan bukti yang kuat untuk mendukung argumen tentang faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya resiliensi akademik pada siswa. Dalam kesimpulan, rendahnya resiliensi akademik pada siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk kurangnya dukungan sosial, faktor lingkungan yang tidak kondusif, dan faktor internal seperti kurangnya motivasi dan kepercayaan diri. Memahami faktor-faktor ini penting dalam upaya meningkatkan resiliensi akademik siswa. Dengan memperhatikan faktor-faktor ini dan memberikan dukungan yang tepat, kita dapat membantu siswa mengatasi hambatan akademik dan mencapai kesuksesan dalam pendidikan mereka.