Analisis Perilaku dan Pembelajaran: Tinjauan Teori Skinner
Perilaku manusia adalah fenomena kompleks yang telah menarik perhatian para ilmuwan dan filsuf selama berabad-abad. Memahami bagaimana perilaku terbentuk, dimodifikasi, dan dipertahankan merupakan tujuan utama dalam berbagai disiplin ilmu, termasuk psikologi, pendidikan, dan ilmu perilaku. Salah satu teori yang paling berpengaruh dalam memahami perilaku adalah teori pembelajaran operan yang dikemukakan oleh B.F. Skinner. Teori ini berfokus pada bagaimana konsekuensi dari perilaku memengaruhi kemungkinan perilaku tersebut akan terjadi di masa depan. Artikel ini akan membahas teori pembelajaran operan Skinner, dengan meninjau konsep-konsep utamanya, implikasi praktisnya, dan kritik yang diterimanya.
Prinsip-Prinsip Dasar Pembelajaran Operan
Teori pembelajaran operan Skinner berpendapat bahwa perilaku dibentuk melalui proses penguatan dan hukuman. Penguatan adalah setiap konsekuensi yang meningkatkan kemungkinan perilaku akan terjadi lagi di masa depan, sedangkan hukuman adalah setiap konsekuensi yang mengurangi kemungkinan perilaku akan terjadi lagi. Skinner membedakan dua jenis penguatan: penguatan positif dan penguatan negatif. Penguatan positif terjadi ketika sesuatu yang menyenangkan ditambahkan setelah perilaku, seperti memberikan hadiah kepada anak yang menyelesaikan tugasnya. Penguatan negatif terjadi ketika sesuatu yang tidak menyenangkan dihilangkan setelah perilaku, seperti menghentikan alarm mobil setelah memasang sabuk pengaman.Hukuman juga dibagi menjadi dua jenis: hukuman positif dan hukuman negatif. Hukuman positif terjadi ketika sesuatu yang tidak menyenangkan ditambahkan setelah perilaku, seperti memberikan teguran kepada anak yang berteriak. Hukuman negatif terjadi ketika sesuatu yang menyenangkan dihilangkan setelah perilaku, seperti mengambil mainan dari anak yang tidak mau berbagi.