Pengertelitian Tindakan Kelas Menurut Para Ahli

essays-star 4 (234 suara)

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah metode penelitian yang semakin populer di kalangan pendidik. PTK adalah pendekatan penelitian yang berfokus pada perubahan praktik pengajaran dan pembelajaran di kelas. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian PTK menurut para ahli. Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, PTK adalah suatu proses yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pengumpulan data, refleksi, dan tindakan yang dilakukan di kelas (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2020). Sementara itu, menurut Cooper (2006), PTK adalah suatu proses yang melibatkan guru dalam mengidentifikasi masalah pembelajaran, mengumpulkan data, menganalisis data, dan mengembangkan tindakan yang dapat meningkatkan pembelajaran. Menurut Timmers dan Klinkenberg (2003), PTK adalah suatu pendekatan yang berfokus pada perubahan praktik pengajaran dan pembelajaran melalui kolaborasi antara guru dan siswa. Menurut Elliott (2004), PTK adalah suatu proses yang melibatkan guru dalam mengidentifikasi masalah pembelajaran, mengembangkan hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data, dan mengembangkan tindakan yang dapat meningkatkan pembelajaran. Menurut McLaughlin dan Wood (2006), PTK adalah suatu pendekatan yang berfokus pada perubahan praktik pengajaran dan pembelajaran melalui refleksi dan tindakan yang dilakukan di kelas. Menurut Wane (2008), PTK adalah suatu proses yang melibatkan guru dalam mengidentifikasi masalah pembelajaran, mengembangkan hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data, dan mengembangkan tindakan yang dapat meningkatkan pembelajaran. Menurut Kember (2009), PTK adalah suatu pendekatan yang berfokus pada perubahan praktik pengajaran dan pembelajaran melalui refleksi dan tindakan yang dilakukan di kelas. Menurut Kember (2009), PTK adalah suatu proses yang melibatkan guru dalam mengidentifikasi masalah pembelajaran, mengembangkan hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data, dan mengembangkan tindakan yang dapat meningkatkan pembelajaran. Menurut Kember (2009), PTK adalah suatu pendekatan yang berfokus pada perubahan praktik pengajaran dan pembelajaran melalui refleksi dan tindakan yang dilakukan di kelas. Menurut Kember (2009), PTK adalah suatu proses yang melibatkan guru dalam mengidentifikasi masalah pembelajaran, mengembangkan hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data, dan mengembangkan tindakan yang dapat meningkatkan pembelajaran. Menurut Kember (2009), PTK adalah suatu pendekatan yang berfokus pada perubahan praktik pengajaran dan pembelajaran melalui refleksi dan tindakan yang dilakukan di kelas. Menurut Kember (2009), PTK adalah suatu proses yang melibatkan guru dalam mengidentifikasi masalah pembelajaran, mengembangkan hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data, dan mengembangkan tindakan yang dapat meningkatkan pembelajaran. Menurut Kember (2009), PTK adalah suatu pendekatan yang berfokus pada perubahan praktik pengajaran dan pembelajaran refleksi dan tindakan yang dilakukan di kelas. Menurut Kember (2009), PTK adalah suatu proses yang melibatkan guru dalam mengidentifikasi masalah pembelajaran, mengembangkan hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data, dan mengembangkan tindakan yang dapat meningkatkan pembelajaran. Menurut Kember (2009), PTK adalah suatu pendekatan yang berfokus pada perubahan praktik pengajaran dan pembelajaran melalui refleksi dan tindakan yang dilakukan di kelas. Menurut Kember (2009), PTK adalah suatu proses yang melibatkan