Meningkatkan Resiliensi Akademik Peserta Didik Melalui Teknik Dispute Irrational Beliefs dalam Konseling REBT
Resiliensi akademik merupakan kemampuan seseorang untuk mengatasi tantangan dan stres dalam konteks pendidikan. Peserta didik yang memiliki tingkat resiliensi yang tinggi cenderung lebih mampu menghadapi tekanan akademik dan mencapai hasil yang lebih baik. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk meningkatkan resiliensi akademik adalah dengan menerapkan teknik Dispute Irrational Beliefs dalam konseling REBT (Rational Emotive Behavior Therapy). REBT adalah pendekatan konseling yang dikembangkan oleh Albert Ellis yang bertujuan untuk membantu individu mengidentifikasi dan mengubah keyakinan irasional yang dapat menghambat perkembangan mereka. Dalam konteks pendidikan, teknik Dispute Irrational Beliefs dapat digunakan untuk membantu peserta didik mengatasi pikiran negatif dan keyakinan irasional yang dapat menghambat kemampuan mereka dalam menghadapi tekanan akademik. Teknik Dispute Irrational Beliefs melibatkan proses pengenalan, pengujian, dan penggantian keyakinan irasional dengan keyakinan yang lebih rasional dan adaptif. Dalam konseling REBT, peserta didik diajak untuk mengidentifikasi keyakinan irasional yang mungkin mereka miliki, seperti "Saya harus selalu mendapatkan nilai sempurna" atau "Jika saya gagal, itu berarti saya bodoh". Kemudian, mereka diajarkan untuk menguji kebenaran dari keyakinan tersebut dan menggantinya dengan keyakinan yang lebih realistis, seperti "Saya tidak perlu selalu mendapatkan nilai sempurna untuk berhasil" atau "Kegagalan adalah bagian dari proses belajar dan bukan indikator kecerdasan saya". Dalam konteks resiliensi akademik, teknik Dispute Irrational Beliefs dapat membantu peserta didik mengatasi rasa takut akan kegagalan, meningkatkan motivasi, dan mengembangkan sikap yang lebih positif terhadap tantangan akademik. Dengan mengubah keyakinan irasional menjadi keyakinan yang lebih adaptif, peserta didik dapat mengembangkan ketahanan mental yang kuat dan mampu menghadapi tekanan akademik dengan lebih baik. Referensi: Ellis, A. (2001). Overcoming Destructive Beliefs, Feelings, and Behaviors: New Directions for Rational Emotive Behavior Therapy. Prometheus Books. Dryden, W., & Branch, R. (2008). The Fundamentals of Rational Emotive Behavior Therapy: A Training Handbook. John Wiley & Sons.