Analisis Data Ulangan Matematika Kelas X di SMK Sejati
Ulangan matematika adalah salah satu alat evaluasi yang digunakan untuk mengukur pemahaman siswa dalam mata pelajaran ini. Di SMK Sejati, hasil ulangan matematika kelas X telah dirangkum dalam bentuk data frekuensi. Dalam artikel ini, kita akan menganalisis data tersebut untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kinerja siswa dalam ulangan matematika. Data frekuensi yang diberikan mencakup rentang nilai dan jumlah siswa yang memperoleh nilai dalam rentang tersebut. Rentang nilai yang diberikan adalah sebagai berikut: - 71-75: 4 siswa - 76-80: 7 siswa - 81-85: 10 siswa - 86-90: 9 siswa - 91-95: 8 siswa - 96-100: 2 siswa Dari data tersebut, dapat dilihat bahwa rentang nilai dengan jumlah siswa terbanyak adalah 81-85, dengan 10 siswa memperoleh nilai dalam rentang ini. Rentang nilai dengan jumlah siswa terendah adalah 96-100, dengan hanya 2 siswa memperoleh nilai dalam rentang ini. Analisis data ini memberikan gambaran tentang distribusi nilai siswa dalam ulangan matematika. Rentang nilai dengan jumlah siswa terbanyak menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memperoleh nilai di kisaran 81-85. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki pemahaman yang baik dalam mata pelajaran ini. Namun, rentang nilai dengan jumlah siswa terendah menunjukkan bahwa hanya sedikit siswa yang mencapai nilai tinggi dalam ulangan matematika ini. Analisis data ini juga dapat digunakan sebagai dasar untuk mengidentifikasi siswa yang membutuhkan bantuan tambahan dalam memahami materi matematika. Siswa yang memperoleh nilai rendah dalam ulangan ini dapat diberikan perhatian khusus dan bimbingan tambahan untuk membantu mereka meningkatkan pemahaman mereka. Dalam kesimpulan, analisis data ulangan matematika kelas X di SMK Sejati menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memperoleh nilai di kisaran 81-85. Namun, hanya sedikit siswa yang mencapai nilai tinggi dalam ulangan ini. Analisis data ini dapat digunakan sebagai dasar untuk mengidentifikasi siswa yang membutuhkan bantuan tambahan dalam memahami materi matematika. Dengan memberikan perhatian khusus dan bimbingan tambahan kepada siswa yang memperoleh nilai rendah, diharapkan pemahaman mereka dalam mata pelajaran ini dapat meningkat.